Pemkab Landak Dapat 800 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM, Tersebar di 7 Kecamatan 25 Desa

Sosialisasi ini dilakukan bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi desa dan pihak kecamatan mengenai persiapan dan hal teknis yang harus dilakukan

Pemkab Landak Dapat 800 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM, Tersebar di 7 Kecamatan 25 Desa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Sosialisasi pemasangan PJU-TS di Aula Kecil Kantor Bupati Landak. 

Pemkab Landak Dapat 800 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM, Tersebar di 7 Kecamatan 25 Desa

LANDAK - Pemerintah kabupaten Landak tahun 2019 ini mendapatkan bantuan berupa penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Bantuan penerangan jalan umum tenaga surya ini sebanyak 800 titik yang tersebar di 7 kecamatan dan 25 desa di Kabupaten Landak.

Sebelum pemasangan dilakukan, pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa bersama dengan CV Bangun Persada Nusantara selaku pelaksana dan penyalur bantuan, terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada Camat dan Kepala Desa terkait pada Selasa (17/9/2019) di Aula Kecil Kantor Bupati Landak.

Sosialisasi ini dilakukan bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi desa dan pihak kecamatan mengenai persiapan dan hal teknis yang harus dilakukan untuk pemasangan PJU-TS di wilayahnya masing-masing. 

Baca: Dapat Bantuan Listrik Tenaga Surya, Penggurus Asrama Gloria Ucapkan Terima Kasih pada FPIP Sanggau

Baca: FPIP Korwil Sanggau Salurkan Bantuan Alat Listrik Tenaga Surya ke Perbatasan

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Mardimo saat membuka sosialisasi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan pemerintah pusat untuk Kabupaten Landak.

"Kabupaten Landak sangat berterimakasih karena memperoleh bantuan dari pemerintah pusat berupa 800 titik pemasangan alat penerangan jalan umum tenaga surya," ujar Mardimo.

Mardimo mengatakan bahwa ada sebanyak 25 desa dan 7 kecamatan yang akan dipasang PJU-TS tersebut, dimana setiap desa masing-masing akan memperoleh sebanyak 32 titik.

"800 titik penerangan jalan umum tenaga surya ini tersebar di 7 kecamatan dan 25 desa dimana tiap desa memperoleh 32 titik," jelas Mardimo. 

Baca: Pemkab Landak Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat

Baca: Pemkab Landak Tingkatkan Administrasi Kependudukan di Desa Temahar

Menurut Mardimo, pemilihan lokasi titik pemasangan PJU-TS tersebut sudah ditentukan berdasarkan pertimbangan dan indikator yang ada.

"25 desa ini dipilih bukan tanpa pertimbangan, kita betul-betul melihat mana yang paling prioritas. Jadi kita pilih lokasi yang sangat memerlukan penerangan jalan umum," papar Mardimo.

Sementara itu Alimin selaku perwakilan dari CV Bangun Persada Nusantara mengatakan bahwa pemasangan PJU-TS ini rencananya akan dilakukan pada akhir September.

Baca: Kementrian ESDM Pasang 90 Unit PJU-TS di 10 Desa Kecamatan Kubu

Baca: Berikut Daftar Daerah Yang Mendapatkan Bantuan Sumur Bor Kementerian ESDM

“Hari ini intinya para kepala desa sudah sepakat dan siap menerima pemasangan, maka dalam waktu dekat akan segera kita lakukan pemasangan, jika tidak ada kendala lagi minggu depan segera kita pasang," ungkap Alimin. 

Update berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved