Pemkab Landak Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat

Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan penggunaan benih bermutu bersertifikat atau berlabel dari varietas unggul baru.

Pemkab Landak Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat
TRIBUNPONTIANAK/Alfon Pardosi
Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat, Senin (16/9/2019). 

Pemkab Landak Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak Melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) melakukan Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat di Lagon, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila pada Senin (16/9/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) dengan Unit Pelayanan Teknis Pengawasan Sertifikasi Benih (UPTPSB) provinsi Kalimantan Barat.

Hadir dalam Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura DPPKP Kabupaten Landak, Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian DPPKP Kabupaten Landak dan Pengawas Benih Kabupaten Landak.

Pengawas Benih Kabupaten Landak Benhard Samosir SP menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan penggunaan benih bermutu bersertifikat atau berlabel dari varietas unggul baru dalam setiap usaha Pertanian.

Baca: Beri Motivasi Petani, Babinsa Jahandung Dampingi Petani Panen Padi

Baca: Panen Padi Sukses, Poktan Daya Usaha Terima Kasih kepada Babinsa Koramil 1202-05/Paloh

Baca: Pengembangan Ubi Mocaf oleh BI dan Kelompok Tani di Desa Mentoyek Akan Panen Perdana

Serta memperluas penyebaran varietas unggul baru yang mempunyai potensi, serta meningkatkan penyerapan penggunaan benih bermutu, sesuai daerah lokasi setempat.

Dari hasil kegiatan panen yang dilaksanakan ini, demplot varietas unggul benih bersertifikat di pertanaman ada lima varietas yang toleran perubahan iklim dan hama penyakit varietas situ bagendit, varietas inpari 39.

"Sedangkan varietas inpari 32, inpago 10 dan Varietas Pepe tidak tahan serangan hama & penyakit serta perubahan iklim dan hasil ubinan dari lima varietas inpari32 7,9 Ton/ Ha, Inpari39 7,4 Ton/Ha, Pepe 6,1Ton/Ha, Situ bagendit 6 Ton/ Ha dan Inpago10 4,1 Ton/Ha," ujar Benhard.

Sementara itu Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DPPKP Sinaga, SP Mendukung dan mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat yang di laksanakan oleh kelompok tani Panamuan di Lagon, desa Koranji Paedang, Kecamatan Sengah Temila.

"Saya mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat ini di laksanakan terus-menerus di Kabupaten Landak, dengan adanya kegiatan ini Para Petani yang ada di Kabupaten Landak dapat mengetahui berbagai Varietas Padi dengan Produksi tinggi, sehingga produksi padi sawah di Kabupaten Landak dapat mencapai swasembada beras," kata Sinaga.

Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian DPPKP Fransiskus Asi menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) yang ada di Kabupaten Landak untuk memprogramkan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat.

"Saya menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) yang ada di Kabupaten Landak untuk memprogramkan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat dengan tujuan untuk mengenalkan kepada para petani di kecamatan masing-masing untuk menanam atau mengembangkan Varietas Padi Unggul Bersertifikat dan telah dilakukan kaji tindak di wilayah kabupaten Landa," harap Asi.

Moses Selaku petani pelaksana dari kelompok Tani Panamuan Mengatakan dengan adanya kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat di lokasi Saya, petani disekitar bisa melihat secara langsung jenis padi yang cocok untuk dikembangkan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi dan tehgnologi pertanian, terutama kami selaku petani bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan, Selama ini petani menanam jenis padi tidak sesuai dengan varietas dan lokasi setempat, Dengan harapan salah satu sarana produksi yang sangat penting dalam upaya meningkatkan produksi pertanian," ungkap Moses. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved