Warga Keluhkan Kualitas Air PDAM Pontianak Menurun

Tak heran masyarakat mengeluhkan kualitas air yang ada, sebab air baku yang diproduksi PDAM memang mengandung kadar garam tinggi.

TRIBUN PONTIANAK/ YA' M NURUL ANSHORY
Kantor PDAM Tirta Khatulistiwa, Jalan Imam Bonjol Nomor 40, Pontianak Tenggara, Selasa (9/4/2019). 

Warga Keluhkan Kualitas Air PDAM Pontianak Menurun

PONTIANAK - Kondisi kemarau yang berkelanjutan membuat kualitas air PDAM yang disalurkan pada masyarakat menurun, sudah biasa setiap tahunnya air PDAM Kota Pontianak menjadi payau karena kadar garam di Sungai Kapuas meningkat.

Tak heran masyarakat mengeluhkan kualitas air yang ada, sebab air baku yang diproduksi PDAM memang mengandung kadar garam tinggi.

Satu diantara masyarakat yang ada menyampaikan keluhan terkait menurunnya kualitas air PDAM, Heni (36) warga Tanjung Taya 2 mengaku sudah lebih darindua minggu air PDAM terasa payau.

"Memang setiap tahunnya selalu ade waktu-waktu air ledeng payau, ini dah lebih 2 minggu payau. Kite juga paham karena air Kapuas juga payaukan," ucap Heni saat dimintai komentar, Minggu (15/9/2019).

Baca: Pemkot Pontianak Komitmen Sediakan Air Bersih Bagi Masyarakat

Baca: VIDEO: Tunggakan Air Bersih Masyarakat Pontianak ke PDAM Capai Rp 35 Miliar, Lajito Ancam Tertibkan

Ia berharap PDAM bisa memberikan solusi kedepannya karena momen air PDAM payau ini suda menjadi agenda tahunan saat terjadi kemarau atau musim panas.

Terkait penyaluran dan ketersediaan ia menjelaskan memang tidak ada masalah, hanya kualitas airnya tidak bagus akibat payau.

"Kalau air lancar, walaupun saat kemarau ni memang tida terlalu laju jalannya tapi tak masalah hanya payau ja tu," ungkapnya.

Warga lainnya, Robiansyah (39) yang tinggal di sebuah komplek jalan Padat Karya Pontianak Timur mengaku dikompleknya belum masuk saluran air ledeng. Ia berharap PDAM dan Pemkot Pontianak bisa memasang pipa sehingga masyarakat yang tinggal disana bisa memasang air bersih.

"Komplek kami belum masuk air ledeng bang, semoga ja tahun ini atau depan masuk. Kita di komplek mau masang semua kalau ada fasilitasnya "ucap Robi.

Lanjut disampaikannya masih banyak komplek yang belum teraliri air ledeng, ia berharap segera dipasang agar bisa menikmati layanan PDAM. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Syahroni
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved