Pemkot Pontianak Komitmen Sediakan Air Bersih Bagi Masyarakat

Ia menegaskan PDAM Tirta Khatulistiwa adalah perusahaan yang sehat dan mampu mendapatkan laba pada tahun 2018 sebesar Rp 29 miliar.

Pemkot Pontianak Komitmen Sediakan Air Bersih Bagi Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (tengah) saat tinjau pembangunan Gedung SPK Terpadu Polresta Pontianak, Selasa (20/8/2019). 

Pemkot Pontianak Komitmen Sediakan Air Bersih Bagi Masyarakat

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan pihaknya memang terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam penyediaan air bersih oleh PDAM.

Semakin baik fasilitas dan semakin tinggi persentase sambungan menurut Edi, akan semakin diapresiasi oleh pemerintah pusat.

Ia menegaskan PDAM Tirta Khatulistiwa adalah perusahaan yang sehat dan mampu mendapatkan laba pada tahun 2018 sebesar Rp 29 miliar.

Selain itu, dengan capaian sambungan air bersih pada masyarakat banyak program bantuan dari pemerintah.

Baca: VIDEO: Tunggakan Air Bersih Masyarakat Pontianak ke PDAM Capai Rp 35 Miliar, Lajito Ancam Tertibkan

Baca: Abdul Rani Ancam Demo Bila Bupati Citra Tak Dapat Tunaikan Janji Alirkan Air Bersih

"Kita terus berusaha memberikan yang terbaik, begitu juga dengan sambungan atau akses pada masyarakat. Kita banyak juga mendapatkan program bantuan karena tingkat sambungan yang tinggi," ucap Edi Kamtono, Minggu (15/9/2019).

Namun persoalan PDAM Kota Pontianak adalah air baku, pada musim kemarau Edi menjelaskan kadar garam akan tinggi. Ia menyebut pengolahan air di PDAM sangat tergantung dengan pasang surat Sungai Kapuas.

Saat ini walaupun kemarau produksi masih tetap normal dan berharap turunnya hujan.

Saat terjadi kemarau dan pasang laut terjadi, maka kadar garam di Sungai Kapuas akan meningkat.

"Setiap hari Direktur PDAM selalu mengirimkan data kadar garam di Sungai Kapuas, sedangkan air harus terus diproduksi agar bisa disuplai pada masyarakat," ucap Edi Kamtono.

Saat kadar garam terlalu tinggi, ia menegaskan stok air baku yang ada di Panepat harus disuplai ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Kota Pontianak.

Kapasitas penampungan air di Panepat disebutnya 300 liter perdetik dan ia berharap dengan kapasitas sebesar itu, bisa membantu air bersih atau mencampur air baku yang ada agar kadar garam tidak tinggi. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Syahroni
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved