Kemenpora RI Seleksi Perwakilan Pemuda Kalbar Sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Ia mengatakan setelah dilihat kelengkapannya , baru dilanjutkan pada tahap fact finding, dan melihat langsung di lapangan seberapa relevan pengajuan

Kemenpora RI Seleksi Perwakilan Pemuda Kalbar Sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kemenpora Lakukan Seleksi Untuk Perwakilan Pemuda Kalbar Sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 

Kemenpora Lakukan Seleksi untuk Perwakilan Pemuda Kalbar Sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

PONTIANAK - Head of Division Public Relations, Law, Informational System, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Dr Mustadin Taggala menjelaskan tentang pemuda pelopor yang saat ini sedang dalam proses seleksi tingkat nasional.

Awalnya seleksi dari tingkat Dispora kota/kabupaten kemudian dikirim ke provinsi, kemudian provinsi melakukan seleksi, sejumlah yang terseleksi di provinsi di kirim ke pemerintah pusat khususnya di kementerian pemuda dan olahraga.

"Kemudian kita melakukan proses seleksi kaitannya pasti yang pertama seleksi berkas, dan persyaratan persyaratan administrative yang sudah disyaratkan untuk semua pengaju," ujarnya saat berkunjung ke Pontianak untuk melakukan penyeleksian pemuda pelopor di Pontianak, selasa (10/9/2019). 

Baca: Fachrur Rizal Terpilih Sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Kabupaten Ketapang Tahun 2019

Baca: Cerita Diana Cristy, Sang Pemuda Pelopor 2019 Pontianak Aktif Jadi Volunteer Pendidikan di Daerah 3T

Ia mengatakan setelah dilihat kelengkapannya , baru dilanjutkan pada tahap fact finding, dan melihat langsung di lapangan seberapa relevan pengajuan dengan kondisi sebenarnya.

"Jadi pengusulan itu berbasis papper/ kertas, proposal, kemudian kita lihat situasinya langsung dan berbicara dengan calon pemuda pelopornya langsung," ujarnya.

Semua yang sudah sampai berkasnya di pemerintah pusat dan dianggap lolos lalu di datangi.

"Kebetulan saat ini yang dibidang pendidikan Diana Cristy Nainggolan yang mewakili Kalimantan Barat bersama 5 orang lainnya yang mengajukan, namun hanya 3 yang lolos untuk didatangi/ fact finding yaitu dari Kota Pontianak, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas," jelasnya. 

Baca: Jadi Founder Eymoveon, Diana Cristy Raih Juara 1 Pemuda Pelopor 2019

Baca: Diana Cristy Nainggolan Raih Juara 1 Pemuda Pelopor 2019 Kota Pontianak, Ini Profil Singkatnya

Ia mengatakan kriteria yang dapat mengikuti ini banyak sekali, kalau untuk pendidikan berarti harus punya aksi – aksi atau gerakan yang mempelopori dan yang mampu menggerakkan anak muda untuk terjun dalam dunia pendidikan, begitupun dnegan bidang yang lain.

Dibuktikan dengan dokumentasi, rekomendasi, dan berbagai informasi yang relevan untuk meyakinkan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora bahwa hal ini benar benar adalah pemuda pelopor.

Untuk Kalbar yang sudah lolos di tingkat nasional itu 3 orang, namun sekarang sedang dikompetisikan secara nasional untuk dilihat apakah ada dari Kalbar yang dapat berangkat ke Jakarta.

" Semua pengaju yang sudah lolos administrasi kita datangi, setelah itu kita lakukan pe rankingan siapa yang terbaik dari seluruh Indonesia, setelah itu kita panggil ke Jakarta dan ini sudah tahap seleksi nasional," ujarnya. 

Baca: Pemuda Pelopor Kalimantan Barat Ingatkan Penumbuhan Jiwa Sosial

Baca: Apakah di Pontianak Ada Program Pemuda Pelopor

Ia mengatakan kegiatan ini sudah berlangsung cukup lama dan terus menerus didorong Kdmenpora sebagai wujud perhatian kepada pemuda pemuda yang bergerak dibidang kepeloporan. Menggerakkan anak muda disekelilingnya, menggerakkan masyarakat disekelilingnya untuk mau terlibat dalam pembangunan bangsa di berbagai sector.

"Harapannya mereka dapat menginspirasi orang lain bahwa anak muda bisa melakukan perubahan dan melakukan hal hal yang konstruktif untuk percepatan kesejahteraan masyarakat,"pungkasnya. 

Udate berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved