Kepala BPBD Hermansyah Sebut Mempawah Dapat Asap Kiriman

Hermansyah menjelaskan, sampai bulan Agustus kemarin jumlah luas lahan yang terbakar di Kabupaten Mempawah sudah mencapai 847 hektar.

Kepala BPBD Hermansyah Sebut Mempawah Dapat Asap Kiriman
TRIBUNPONTIANAK/YOUTUBE
Kepala BPBD Mempawah Hermansyah imbau Warga Pesisir Berhati hati gelombang besar 

Kepala BPBD Hermansyah Sebut Mempawah Dapat Asap Kiriman

MEMPAWAH - BMKG Kalbar menyatakan, kondisi udara di Kabupaten Mempawah sudah masuk dalam kategori sedang tidak sehat. Dari pantauan Tribun, kabut asap tebal menyelimuti Kota Mempawah dan sekitarnya.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sekitar tiga hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Hermansyah, mengataka tebalnya kabut asap di Kabupaten Mempawah dikarenakan adanya asap kiriman dari daerah lain seperti Kubu Raya dan sekitarnya. Ditambah lagi masih ada beberapa titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang asapnya masih mengepul.

"Saat ini ini kebakaran hutan dan lahan memang sudah tidak terjadi lagi di Kabupaten Mempawah namun di beberapa lokasi seperti Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Timur, masih ada kepulan asap," ujarnya.

Hermansyah menjelaskan, sampai bulan Agustus kemarin jumlah luas lahan yang terbakar di Kabupaten Mempawah sudah mencapai 847 hektar. 

"sampai bulan September ini jumlah luasan lahan yang terbakar sudah 6 hektar," tambahannya. 

Baca: VIDEO: Update Kasus Pembunuhan Perempuan di Anjongan, Kapolres Mempawah Ungkap Hal Berikut

Baca: VIDEO: Disperindagnaker Kabupaten Mempawah Akan Awasi Timbangan di Pasar

Hermansyah mengatakan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya tahun 2019 ini merupakan kejadian kebakaran hutan dan lahan yang paling parah di mana puncaknya terjadi pada bulan Agustus.

Kemudian kata dia, berdasarkan prakiraan BMKG musim kemarau di Kabupaten Mempawah akan berakhir sekitar bulan Oktober mendatang.

Hal itu jika dibandingkan dengan tahun lalu, musim kemarau juga berakhir di bulan Oktober, tapi untuk perkiraan turun hujan secara normal tahun ini adalah bulan November. 

Baca: Udara Tidak Sehat, Sekolah PAUD, SD, dan SMP di Mempawah Diliburkan

Baca: Dua Pekan Ops Patuh 2019, Satlantas Polres Mempawah Tilang 1.240 Pelanggar Lalulintas

"Sebagai langkah antisipasi BPBD terus melakukan patroli, bersinergi dengan TNI dan Polri serta para relawan lainnya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya. 

Udate berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved