Sicantik Cloud Resmi Diluncurkan Oleh Pemkab Kubu Raya, Ini Kegunaannya

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meluncurkan Aplikasi

Sicantik Cloud Resmi Diluncurkan Oleh Pemkab Kubu Raya, Ini Kegunaannya
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meluncurkan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik yang disingkat Sicantik Cloud. Peluncuran Sicantik Cloud dilakukan langsung Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (5/9). 

Sicantik Cloud Resmi Diluncurkan Oleh Pemkab Kubu Raya, Ini Kegunaannya

KUBU RAYA - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meluncurkan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik yang disingkat Sicantik Cloud.

Peluncuran Sicantik Cloud dilakukan langsung Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (5/9).

Selain peluncuran Sicantik Cloud, juga dilakukan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Online Submission (OSS) atau perizinan usaha terintegrasi secara elektronik, Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMBG), Sicantik, dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

Pelaksana tugas Kepala DPMPTSP Maria Agustina menerangkan, peluncuran Sicantik Cloud dan sejumlah kegiatan pelatihan terkait bertujuan menginformasikan dan mengimplementasikan penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Baca: VIDEO: Wabup Effendi Launching Aplikasi SiCANTIK Cloud

Baca: DPMPTSP Luncurkan SiCANTIK Cloud, Anggota DPRD Minta Gencarkan Pelayanan Keliling

Baca: Rangkaian Launching Aplikasi SiCANTIK Cloud di Kayong Utara

"Tujuan lainnya juga untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan untuk berusaha dengan menerapkan penggunaan teknologi informasi melalui sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, termasuk pemanfaatan tanda tangan digital," ujar Maria dalam sambutannya.

Maria menjelaskan, berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2019 tentang PTSP, telah dilimpahkan pelayanan perizinan dan nonperizinan sebanyak 19 bidang yang diproses melalui melalui aplikasi OSS Simyandu dan Sicantik.

Kemudian berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 304 Tahun 2019 tentang SOP Perizinan dan Nonperizinan, terdapat 115 jenis izin dan nonizin yang dilayani melalui satu pintu di DPMPTSP Kubu Raya.

Baca: Wabup Sujiwo: Persatuan Modal Utama Bangun Daerah

Baca: Polres Landak Mediasi Pensiunan PTPN XIII Ngabang Dengan Managemen

Baca: Pemkab Kubu Raya Apresiasi Hasil Karya Warga Binaan Lapas, Wabup Sujiwo Tanggapi Pemberian Remisi

"Dari 115 jenis izin dan nonizin, terdapat 74 jenis izin melalui OSS, 12 melalui Sicantik Cloud, 27 melalui Simyadu, 1 pelayanan pengaduan, dan 1 pelayanan informasi," terangnya.

Maria menambahkan, 12 jenis izin yang melalui Sicantik di antaranya izin PAUD yang dikelola oleh pemerintah, PAUD yang dikelola oleh masyarakat, PKBM, SKRK, SIUP Minol, izin penelitian, izin titik reklame, izin penyelenggaraan reklame, bengkel, izin pemanfaatan ruang, SPPL, DPLH, dan DELH.

Halaman
123
Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved