Terjadinya Inflasi Dapat Pengaruhi Jasa Kesehatan

Kelompok kesehatan mengalami inflasi terbanyak dari lima kelompok lainnya.............

Terjadinya Inflasi Dapat Pengaruhi Jasa Kesehatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKI FADRIANI
BPS keluarkan press release data statistik tentang perkembangan jumlah inflasi, ekspor-impor, nilai tukar petani (NTP), dan pariwisata. 

Terjadinya Inflasi Dapat Pengaruhi Jasa Kesehatan

PONTIANAK - Kelompok kesehatan mengalami inflasi terbanyak dari lima kelompok lainnya. Inflasi pada kelompok kesehatan ini mengalami kenaikan indeks pada Agustus 2019 sebesar 164,57. Sebelumnya pada Juli 2019, indeks menunjukan angka 161,44.

Kota Pontianak alami deflasi 0,35 persen dan pada Agustus 2019 jumlah inflasi berada di angka 1,87 persen. Sebesar 2,88 persen total tingkat inflasi dalam satu tahun terakhir per Agustus 2018-Agustus 2019.

Deflasi terjadi pada kelompok bahan makanan sebanyak 1,26 persen dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebanyak 1,59 persen. Hal ini terjadi karena adanya penurunan indeks pada kedua kelompok pengeluaran tersebut.

Baca: BPJS Ketenagakerjaan dan Kejari Pontianak Panggil Perusahaan Tak Daftarkan Pekerja ke Jamsosnaker

Baca: Tak Daftar BPJS Ketenagakerjaan, Kejari Panggil 50 Perusahaan

Baca: Menkeu Sri Mulyani Usulkan Iuran BPJS Kesehatan Naik Lebih Tinggi dari DJSN, Segini Besarannya

Sedangkan pada kelompok kesehatan mengalami inflasi sebesar 1,94 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,36 persen, kelompok sandang 0,28 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,23 persen, serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakaj sebesar 0,12 persen. Lima kelompok tersebut telah mengalami inflasi per Agustus 2019 yang mencapai 1,87 persen.

Kelompok kesehatan sebagai penyumbang inflasi terbesar dibandingkan kelompok lainnya per Agustus 2019. Dari keempat subkelompok kesehatan, tiga subkelompok mengalami kenaikan indeks yaitu, subkelompok jasa kesehatan sebesar 4,55 persen, subkelompok obat-obatan 2,65 persen, dan subkelompok perawatan jasmani dan kosmetika tidak mengalami perubahan indeks, stabil di 0,04 persen.

Kelompok kesehatan, memberi sumbangan inflasi sebesar 0,1101 persen di Agustus 2019. Komoditi yang memberikan sumbangan inflasi pada kelompok ini antara lain, tarif rumah sakit, obat dengan resep, hand body lotion, dan sabun wajah. (Rizki Fadriani)

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved