Doa Awal Tahun 1 Muharam, Doa Akhir Tahun | Niat Puasa Tasua, Puasa Asyura | Bertaubat & Sedekahlah

Doa Awal Tahun 1 Muharam, Doa Akhir Tahun | Niat Puasa Tasu'a, Puasa Asyura | Bertaubat & Sedekahlah

Doa Awal Tahun 1 Muharam, Doa Akhir Tahun | Niat Puasa Tasua, Puasa Asyura | Bertaubat & Sedekahlah
IST
Doa Awal Tahun 1 Muharam, Doa Akhir Tahun | Niat Puasa Tasu'a, Puasa Asyura | Bertaubat & Sedekahlah. 

Doa Akhir Tahun, Doa Awal Tahun 1 Muharam | Niat Puasa Tasu'a, Puasa Asyura | Bertaubat & Sedekahlah

Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1441 H yang jatuh pada, Minggu (01/09/2019).

Doa awal tahun memasuki bulan Muharam 2019 ini dibaca dengan harapan di tahun baru mendatang seseorang bisa menjadi lebih baik lagi.

Doa akhir tahun dibaca sebelum memasuki Tahun Baru Islam 1441 H atau pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Doa akhir tahun biasanya dibaca setelah salat Ashar hingga sebelum Maghrib tiba.

Doa akhir tahun berisi tentang rasa syukur atas apa yang telah dicapai selama ini dan menyebutkan harapan-harapan yang akan dilakukan saat memulai penanggalan baru.

Baca: Niat Puasa Bulan Muharam | Amalan di Bulan Muharam, Doa Penutup Dzulhijjah dan Doa Tahun Baru Islam

Dikutip dari doaharianislami.com, berikut bacaan doa akhir dan awal tahun:

Doa Akhir Tahun

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ بِا الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَاىِٔيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : "Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada -Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku. Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, Ya Allah, wahai yang Mahamulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Mahamulia. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw juga pada keluarga dan para sahabatnya."

Halaman
1234
Penulis: Marlen Sitinjak
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved