Kepala KPw BI Kalbar, Prijono Sebut Perbankan dan SPBU Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak

Kepala KPw BI Kalbar, Prijono mengatakan baik perbankan maupun SPBU sudah siap dengan kebijakan Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak

Kepala KPw BI Kalbar, Prijono Sebut Perbankan dan SPBU Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICA
Konferensi Pers Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak. 

Kepala KPw BI Kalbar, Prijono Sebut Perbankan dan SPBU Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak

PONTIANAK - Kepala KPw BI Kalbar, Prijono mengatakan baik perbankan maupun SPBU sudah siap dengan kebijakan Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak.

“mulai dari ketersedian mesin EDC, hingga jaringan, sudah kita persiapkan, Meski saat ini tidak semua SPBU tersedia mesin EDC semua bank, namun seiring berjalannya waktu semua akan dilengkapi,” ungkapnya.

Selain menyediakan uang elektronik, pihaknya juga telah menyediakan jenis pembayaran non tunai lainnya, seperti m debit atau pembayaran berbasis QR Code.

Baca: VIDEO: Siswa SMA Tenggak Miras di Kelas saat Jam Pelajaran Viral di Media Sosial, Disdik Buka Suara

Baca: Sarah Novitri Karlina Ngaku Diteror! Saksi Pihak Farhat Abbas di Kasus Video Asusila Hotman Paris

Baca: Jadwal Liga Inggris Pekan 3: Super Big Match Liverpool Vs Arsenal, Link Live Streaming TVRI & MolaTV

“untuk pembelian menggunakan kartu debet dapat dilakukan di semua SPBU dengan memanfaatkan mesin-mesin EDC yang tersedia, kemudian untuk kebutuhan pengisian kembali uang elektronik (top up) dapat dilakukan di bank terdekat, ATM, SPBU, maupun ritel modern yang menyediakan layanan top up,” jelasnya.

Marketing Branch Manager PT Pertamina Kalbarteng, Muhammad Ivan Syuhada mengatakan Pertamina akan siap mendukung untuk mewujudkan Pontianak Smart City, yang beberapa waktu yang lalu telah diluncurkan Program “Pontianak Go Cashless. 

“Pembayaran non tunai ini, bahkan tidak hanya tersedia di SPBU di Kota Pontianak, namun juga sebagian di Kubu Raya. Jadi dari 22 SPBU yang sudah melayani pembayaran non tunai ini, empat di antaranya berlokasi di Kubu raya,” ucap Ivan. 

Selain itu, Ketua Hiswana Migas Pontianak, Hendra Salam menyebutkan bahwa para petugas atau operator EDC di SPBU Kota Pontianak telah dilatih oleh pihak perbankan, agar terampil dalam menggunakan mesin tersebut. 

Sementara ketersediaan mesin EDC, ia mengatakan sudah cukup memenuhi kebutuhan SPBU disetiap loket baik itu premium, pertalite, maupun jenis BBM lainnya.  

“Kami sudah siap dengan pemberlakuan ini, dan jika sudah berjalan nanti silahkan, dimonitor seperti apa impelentasinya,” ungkap Hendra.

Penulis: Mia Monica
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved