Citizen Reporter

Perayaan Misa Peringatan St Dominikus de Guzman

Ia menjadi canon regular di Osma, Spanyol yang mengikuti ketat aturan yang dikembangkan oleh St. Agustinus di bawah pimpinan Uskup Diego de Acebo

Perayaan Misa Peringatan St Dominikus de Guzman
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Misa perayaan Peringatan St.Dominikus de Guzman di biara Dominikan Jl. Palapa III C No. 2 RT.04 /22 BMD P. Selatan, Kamis (8/8/2019). 

Perayaan Misa Peringatan St Dominikus de Guzman

Citizen Reporter
Samuel
Komsos Keuskupan Agung Pontianak

PONTIANAK - Pada 8 Agustus 2019 di biara Dominikan Jl. Palapa III C No. 2 RT.04 /22 BMD Pontianak Selatan telah diberlangsungkan pesta peringatan hari St. Dominikus de Guzman yang dilangsungkan pada pukul 17.00 WIB.

Dalam kesempatan perayaan peringatan ini, misa dipimpin oleh saudara Kapusin Pontianak P. Julius Lingga, OFMCap yang memang adalah saudara dari Ordo Dominikan.

Ordo Fransiskan dan ordo Dominikan ini, konon katanya hidup pada satu jaman. Dan dari jaman itulah kedua bapak pendiri itu mewartakan injil karya keselamatanTuhan Yesus Krisus sampai keseluruh dunia.

P. Mingry Hanafi Tjipto, OP mengatakan bahwa "menurut tradisi, kedua ordo ini jika pada tanggal 8 Agustus tepat pada Perayaan St. Dominikus de Guzman maka yang menjadi pemimpin misanya adalah dari ordo Fransiskan dan sebaliknya, jika pada tanggal 4 Oktober tepat pada Pesta St. Fransiskus dari Assisi maka yang memimpin misa adalah dari Ordo Dominikan," katanya.

Baca: Silahturahmi di Keuskupan Agung Pontianak, Ini Yang Disampaikan Kapolda Kalbar

Baca: Paskahan Bersama Segenap Guru dan Karyawan Sekolah Katolik di Keuskupan Agung Pontianak

Berdasarkan informasi menurut wikipedia dan Dominikan Indonesia menceritakan garis besar tentang Santo Dominikus de Guzman begini bunyinya;

"Santo Dominikus dilahirkan di Calaruega, Spanyol pada tahun 1171 dari keluarga Felix de Guzman dan Bl. Jean of Aza. Ia melewati masa kecilnya tanpa peristiwa besar yang menyolok. Ia ditahbiskan menjadi imam saat masih belajar di Universitas di Palencia pada tahun 1198/1199.

Ia menjadi canon regular di Osma, Spanyol yang mengikuti secara ketat aturan yang dikembangkan oleh St. Agustinus di bawah pimpinan Uskup Diego de Acebo.

Di akhir hidupnya Dominikus mengkonsentrasikan diri untuk mengatur kehidupan ordo serta membuat perjalanan panjang ke Italia, Spanyol dan Prancis untuk berkotbah yang menarik begitu banyak kaum muda serta membangun rumah-rumah biara yang baru.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved