Ambil Sumpah Pegawai BKKBN Kalbar, Kusmana: ASN Harus Berkontribusi Majukan Program

Oleh karena itu, tanamkanlah kesadaran dalam diri bahwa kalian merupakan motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik

Ambil Sumpah Pegawai BKKBN Kalbar, Kusmana: ASN Harus Berkontribusi Majukan Program
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Suasana Pengambilan Sumpah atau Janji Pegawai Negeri Sipil dan Penandatangan Pakta Integritas yang digelar di Aula Kencana Balai Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Perwalilan Kalbar, Jumat (9/8/2019) 

Ambil Sumpah Pegawai BKKBN Kalbar, Kusmana: ASN Harus Berkontribusi Majukan Program

PONTIANAK-  Dua orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Lingkungan BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melakukan pengambilan Sumpah atau Janji Pegawai Negeri Sipil dan Penandatangan Pakta Integritas yang digelar di Aula Kencana Balai Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Perwalilan Kalbar, jumat (9/8/2019).

Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat , Kusmana mengatakan sumpah atau janji yang telah diucapkan pada hakikatnya merupakan kesanggupan serta komitmen terhadap negara dan juga Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur negara dengan penuh tanggung jawab.

Hendaknya, isi sumpah atau janji ini dihayati dan dimaknai dengan sungguh-sungguh.

"Ini merupakan amanah yang diemban dan sepatutnya diwujudkan dalam bentuk semangat dan kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," ujarnya.

Baca: Salut, Mahasiswa IAIN Pontianak Bayar Uang Kuliah Selama Enam Semester Pakai Uang Koin

Baca: Mahasiswa IAIN Gelar Pelatihan Literasi Borneo Pada Pelajar

Lanjutnya mengatakan bahwa di masa sekarang, menjadi Pegawai Negeri Sipil harus memiliki kemampuan untuk terus belajar dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar serta tanggap terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat.

"Oleh karena itu, tanamkanlah kesadaran dalam diri bahwa kalian merupakan motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Ia mengingikan ASN yang baru saja mengambil sumpah atau janji menjadi sosok teladan, dengan demikian citra positif akan terbangun tidak hanya bagi organisasi namun juga bagi diri sendiri.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengajak seluruh komponen di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, marilah kita tingkatkan etos kerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berintegritas dan bekerja keras, dilandasi iman dan taqwa Kepada Allah SWT, sebagai bentuk pengabdian kepada agama, bangsa dan negara ," ujarnya.

Pengambilan sumpah atau janji jabatan ini merupakan bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai yang diharapkan dapat memberikan nilai positif dalam mendukung pencapaian program.

Hal ini hendaklah dimaknai sebagai kepentingan organisasi, bukan semata-mata karena kepentingan tertentu, namun sebagai upaya pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, penyelenggaraan tugas dan fungsi serta pelayanan kepada masyarakat yang maksimal.

"Saya yakin dan percaya, kepada saudara-saudaraku, anak-anakku, yang diambil sumpah atau janjinya pada hari ini, memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang didukung pula oleh keluarga masing-masing, bahwa kelak akan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja sebagai energi positif dan dahsyat untuk mempercepat pencapaian target program yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama ," imbuhnya.

Baca: Patroli Terpadu, Upaya Cegah Karhutla di Kecamatan Tayan Hilir

Tak lupa juga ia memberikan selamat kepada ASN yang telah diambil sumpah atau janji jabatannya, dengan harapan semoga ini akan menghadirkan semangat yang baru, pendekatan kerja yang baru dan mekanisme kerja di zaman yang baru pula, dalam menjalankan amanah yang diberikan untuk ditunaikan dengan penuh tanggung jawab.

"Sehingga para ASN dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka memajukan program serta sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved