Citizen Reporter

Mahasiswa IAIN Gelar Pelatihan Literasi Borneo Pada Pelajar

Selain pelatihan, acara ini juga sekaligus penyerahan dua buku karya murid-murid MA Bina Mandiri dan MTs Miftahul Ulum.

Mahasiswa IAIN Gelar Pelatihan Literasi Borneo Pada Pelajar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Mahasiswa IAIN Foto bersama usai Pelatihan Literasi Borneo Pada Pelajar 

Citizen Reporter
Mahasiswa IAIN Pontianak, Juharis

KUBU RAYA - Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) menyelenggarakan pelatihan menulis di SMA Bina Mandiri Sungai Deras, Teluk Pakedai, Kubu Raya pada Hari Jumat (09/08).

Acara positif ini diikuti oleh siswa dan siswi MA Bina Mandiri dan MTs Miftahul Ulum berjumlah sekitar 50 orang. Hadir pula para guru MA Bina Mandiri.

Baca: Pemkab Ketapang Serahkan Lima Ekor Hewan Kurban

Baca: KPU Kubu Raya Tetapkan Caleg Terpilih, Rabu (13/8/2019)

 

 

Pelatihan ini dinamakan Pelatihan Literasi Borneo atas kerja sama IAIN Pontianak dengan Kementrian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan.

Ketua panitia acara, Muhammad Farhan Maulana mengucapkan banyak terima kasih kepada OSIS SMA karena berkat kerja sama dengan mereka kegiatan ini berjapan lancar.

Sementara itu, kepala sekolah MA Bina Mandiri, Munir mengungkapan apresiasinya atas kedatangan mahasiswa KKL berikut dosen sekaligus narasumber pelatihan.

"Selamat datang kepada mahasiswa dan dosen dari kampus IAIN Pontianak. Semoga kedatangannya dapat bermanfaat bagi anak-anak kami." tuturnya.

Adapun Septian Utut selaku dosen dan narasumber agenda pelatihan ini memberikan banyak sekali pembelajaran tentang menulis. Menurutnya semua orang bisa menulis tanpa terkecuali. Bahkan apabila tidak ada ide yang hendak dituangkan dalam kertas itu, maka tulislah ketiadaan tersebut.

"Menulis itu penting sekali. Apalagi berkaitan dengan daerah tempat tinggal kita. Sungai Deras misalnya. Jika diangkat jadi tulisan, banyak potensi yang akan dikenal masyarakat luas."

Selain pelatihan, acara ini juga sekaligus penyerahan dua buku karya murid-murid MA Bina Mandiri dan MTs Miftahul Ulum.

Sebenarnya sebelum kegiatan pelatihan, mereka sudah diajak menulis oleh mahasiswa KKL. Berjalan hampir seminggu, atas pengelolaan mahasiswa KKL buku rampung semua.

Ada dua buku yang berisi ulasan tentang Desa Sungai Deras sudah dapat mereka nikmati dalam bentuk buku.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved