Wabup Muhammad Pagi Ungkap Rencana Pemkab Mempawah Bangun Perguruan Tinggi Industri

Namun, Muhammad Pagi menyebutkan, pihaknya masih belum bisa memastikan dimana lokasinya, dan kapan pembangunannya dimulai.

Wabup Muhammad Pagi Ungkap Rencana Pemkab Mempawah Bangun Perguruan Tinggi Industri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YA' M NURUL ANSHORY
Foto bersama usai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat menandatangani nota kesepahaman bersama antara PT Borneo Alumina Indonesia 

Muhammad Pagi: Pemda Berencana untuk Membangun Perguruan Tinggi Industri

MEMPAWAH - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat menandatangani nota kesepahaman bersama antara PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) anak dari perusahaan PT Inalum (Persero) dan PT Antam TBK, di SMKN 1 Mempawah Hilir binaan PT BAI, Kamis (8/8/2019).

Nota kesepahaman itu berisi tentang kerjasama antara PT BAI dan Disdikbud Provinsi Kalbar untuk mengembangkan potensi yang ada di SMKN 1 Mempawah Hilir agar bisa menjadi tamatan yang cakap dan berkompeten untuk bekerja di Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) yang akan dibangun di Kecamatan Sungai Kunyit.

Dengan adanya nota kesepahaman itu, PT BAI telah menunjukkan komitmennya terhadap pemerintah daerah Kabupaten Mempawah untuk menyerap tenaga kerja lokal yang akan dipekerjakan di perusahaan industri terbesar di Mempawah itu.

Baca: PT BAI Janji Rekrut Pekerja Lokal, Lulusan SMK di Mempawah Berpeluang Kerja di Smelter Sungai Kunyit

Baca: Waspada Kabut Asap Mulai Selimuti Kabupaten Mempawah, BPBD Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi mengatakan bahwa pada prinsipnya kesepakatan yang sudah dilakukan dan nota kesepahaman yang telah ditanda tangani sangat di apresiasi, terutama kepada PT BAI.

Sebab kata dia, itu tandanya PT BAI turut andil dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mempawah.

Untuk menjadikan Kabupaten Mempawah cerdas, mandiri dan terdepan, yang mana salah satu tolok ukurnya adalah penguatan di bidang pendidikan.

Baik itu TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

"Kita akan mendukung penuh sesuai dengan aturan, dan pemerintah daerah siap jika itu sesuai. Kita berharap, SMK bisa menyusun program prioritas dalam apa yang menjadi keinginan perusahaan," tegasnya.

Baca: Kebakaran di Kabupaten Mempawah Mencapai 320 Hektar, Tersebar di Empat Kecamatan

Baca: Api Karhutla Mengancam, Aktivitas Belajar Mengajar di Dusun Telayar Mempawah Terpaksa Diliburkan

Makanya kata dia, untuk mendorong penguatan pendidikan di Kabupaten Mempawah, Pemda berencana untuk membangun perguruan tinggi industri, dan sekarang sudah mulai kita siapkan.

Namun, Muhammad Pagi menyebutkan, pihaknya masih belum bisa memastikan dimana lokasinya, dan kapan pembangunannya dimulai. 

"Jika tanah dan dokumennya sudah siap, tentu akan dibangun secepatnya," kata dia.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved