Muhammad Pagi Tekankan Anggota BPD Untuk Kawal Pembangunan di Desa

Muhammad Pagi menilai, kualitas profil Desa merupakan penentu dalam mengukur potensi yang dimiliki Desa, agar arah pembangunan di Desa

Muhammad Pagi Tekankan Anggota BPD Untuk Kawal Pembangunan di Desa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YA' M NURUL ANSHORY
Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, saat diwawancara awak media, Selasa (09/07/2019) 

Muhammad Pagi Tekankan Anggota BPD Untuk Kawal Pembangunan di Desa

MEMPAWAH - Mengingat besarnya anggaran yang dikelola oleh Desa harus bisa dimanfaatkan secara maksimal, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi meminta kepada semua anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus mengawal pengelolaan tersebut mulai dari pembenahan profil dan pemuktahiran data di Desa.

Muhammad Pagi menilai, kualitas profil Desa merupakan penentu dalam mengukur potensi yang dimiliki Desa, agar arah pembangunan di Desa bisa dipetakan dan berdampak baik bagi masyarakat.

"Data profil Desa harus terkoneksi dengan data yang ada di Pemerintah Kabupaten, maka dari itu untuk anggota BPD yang kemarin dilantik, harus mengawal pemuktahiran data dan profil Desa agar tersaji dengan baik," ujarnya.

Muhammad Pagi menekankan beberapa perihal terkait tugas pokok dan fungsi anggota BPD Desa, diantaranya penyusunan Rencana Kerja Perangkat Desa (RKPD) tahun 2020 harus melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Baca: Kecelakaan di Sekadau, Dua Pengendara Sepeda Motor Meninggal Dunia

Baca: Tak Hanya Ngomong Kasar, Ayu Ting Ting Sahabat Ruben Onsu Dinilai Sombong Pada Artis Baru Ini

Baca: Pemkab Sekadau Gelar Sosialisasi Perizinan, Berkaitan dengan Lingkungan Hidup

"Pemanfaatan dana Desa itu untuk kepentingan masyarakat Desa, makanya BPD harus selalu menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan Kepala Desa dan semua pejabat berwenang di Kecamatan sampai Kabupaten yang membidangi itu," ujarnya.

Lebih jauh lagi Muhammad Pagi mengatakan, dalam pelaksanaan pemerintahan di tingkat Desa, bisa saja terjadi perbedaan pendapat antara BPD dan Kepala Desa, dan dia meminta jangan sampai hal itu menghambat perencanaan dan pembangunan di Desa.

"Perbedaan pendapat itu sudah biasa terjadi, tentu kita berharap itu bisa diselesaikan dengan bijak, dengan mengedepankan musyawarah, duduk bersama dalam suasana yang harmonis," ujarnya.

Satu minggu sebelumnya, kata Muhammad Pagi, pada Jumat (26/7) sebanyak 68 orang anggota BPD dan 4 orang PAW BPD sudah dilantik oleh Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa Kabupaten Mempawah.

"Saya harap mereka semua bisa mengawal pembangunan yang ada di Desa, mereka juga harus mampu bersinergi dengan semua pihak terutama Kepala Desa dan masyarakat Desa," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved