Bawaslu Kayong Utara Berikan Tanggapan Pasca Terima Putusan dari DKPP

Ketua Bawaslu Kayong Utara, Khosen menghargai putusan DKPP yan memutuskan merehabilitasi

Bawaslu Kayong Utara Berikan Tanggapan Pasca Terima Putusan dari DKPP

PONTIANAK - Ketua Bawaslu Kayong Utara, Khosen menghargai putusan DKPP yan memutuskan merehabilitasi ataupun memulihkan nama baik pihaknya sebagai penyelenggara.

"Intinya kami sangat bersukur karena DKPP menilai kami tidak bersalah dan terbukti melakukan pelanggaran," jelasnya, Jumat (02/08/2019).

Dengan ini, lanjut dia, maka nama teradu dalam hal ini Bawaslu Kayong Utara dan staff di pulihkan karena DKPP menilai kalau Bawaslu tidak melakukan pelanggaran kode etik.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Kayong Utara (KKU) Provinsi Kalbar membantah tudingan dugaan pelanggaran etik hingga melakukan intervensi dalam sidang pemeriksaan yang digelar Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Baca: Putusan Untuk Bawaslu KKU Disebut Syf Aryana Kewenangan Ketua dan Anggota DKPP

Baca: Polres Ketapang Akan Berkoordinasi dengan Pemda Terkait Kepulangan Korban TPPO

Baca: Inilah Isi Putusan DKPP Untuk Bawaslu Kayong Utara

Khosen menegaskan, jika semua laporan yang masuk tentu ditindaklanjuti. Termasuklah, laporan atas dugaan politik uang yang terjadi pada Pemilu Legislatif lalu.

Khosen juga mengungkapkan, jika proses dan prosedur penanganan laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu, dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

Berdasarkan perbawaslu nomor 7 tentang temuan dan penanganan pelanggaran, lanjut Khosen, pihaknya sudah melakukan kajian awal, pleno, yang dinamakan laporan tindak pidana pemilu, harus segera dikoordinasikan dan dibahas kepada sentra Gakumddu.

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan Perbawaslu nomor 31 tentang sentra Gakumdu juga sudah dilakukan, dilakukan pembahasan pertama yang terdiri dari Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian.

Sedangkan untuk dugaan intimidasi yang dilakukan Staf Bawaslu KKU Amrullah, Khosen menjabarkan, jika stafnya hanya mengingatkan agar pelapor, melengkapi laporan dan melaporkan yang sebenarnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved