Guru SD dan SMP di Mempawah Masih Kurang, Masyarakat Harap Ada Penerimaan CPNS di 2019

Kabupaten Mempawah masih kekurangan tenaga guru sekitar 464 orang baik itu guru Sekolah Dasar (SD) maupun guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Guru SD dan SMP di Mempawah Masih Kurang, Masyarakat Harap Ada Penerimaan CPNS di 2019
net
Ilustrasi 

Guru SD dan SMP di Mempawah Masih Kurang, Masyarakat Harap Ada Penerimaan CPNS di 2019

MEMPAWAH - Kabupaten Mempawah masih kekurangan tenaga guru sekitar 464 orang baik itu guru Sekolah Dasar (SD) maupun guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama mengatakan, saat ini jumlah guru SD dan guru SMP di Mempawah masih belum ideal.

"Sebagai gambaran, jumlah guru SD di Kabupaten Mempawah sebanyak 1.559 orang dimana idealnya guru SD berjumlah 1.865 orang dari total 188 SD baik itu negeri maupu swasta yang ada di Mempawah," ujarnya, belum lama ini.

Jika dihitung secara kasar kata Firman, Kabupaten Mempawah masih kekurangan sekitar 308 orang tenaga guru SD, dimana dari total 188 SD yang ada jumlah muridnya mencapai 26.678 siswa.

Baca: Polres Mempawah Titik Beratkan Operasi Bina Karuna 2019 di Empat Desa Rawan Karhutla

Baca: Polres Mempawah Kedepankan Pencegahan Dibanding Penindakan di Operasi Bina Karuna 2019

"Untuk jumlah guru SMP ada 426 orang, dimana idelanya guru SMP di Mempawah berjumlah 593 dari total 46 SMP baik itu negeri maupun swasta, yang ada di Mempawah," tambahnya.

Firman merincikan, bahwa dari data tersebut Kabupaten Mempawah masih kekurangan 167 guru SMP dimana dari total 46 SMO yang ada tadi, jumlah muridnya mencapai 9.471 siswa.

Terpisah, masyarakat Kabupaten Mempawah, Alimudin (26) lulusan PGSD Universitas Tanjungpura yang sampai saat ini belum mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan cita-citanya berharap ada penerimaan CPNS di tahun 2019 ini.

Baca: Kemenpan RB Kembali Buka Formasi CPNS Akhir Tahun ini, Pemkot Pontianak Usulkan Ratusan Formasi

Baca: Informasi Akan Ada Penerimaan CPNS, Ini Klarifikasi Pj Sekda Kapuas Hulu

"Kita harap ada seleksi CPNS lagi di tahun 2019 ini, terlebih lagi jika melihat Kabupaten Mempawah ini masih kekurangan tenaga guru," katanya.

Senada dengan itu, Astrid Ananda (24) alumni FKIP Biologi Universitas Tanjungpura juga berharap adanya pembukaan seleksi CPNS di tahun 2019 ini. Lebih jauh dia meminta jika tahun ini ada seleksi CPNS, formasi guru lebih di utamakan.

"Setiap tahun kita alumni FKIP selalu bersaing dengan lulusan yang satu jurusan, terlebih lagi formasi CPNS itu terbatas, padahal kita masih kurang tenaga guru, saya harap formasi CPNS untuk guru diperbanyak, karena sekarang honorer sudah tidak bisa," tandasnya

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved