Titik Api Muncul di Wilayah Kubu Raya, BPBD Beberkan Penjelasan

Mochtar menyampaikan untuk titik api yang muncul pada Selasa (16/7/2019) pagi tadi berada di wilayah pancaroba.

Titik Api Muncul di Wilayah Kubu Raya, BPBD Beberkan Penjelasan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
proses pemadaman api di wilayah loncek kabupaten Kubu Raya 

Titik Api Muncul di Wilayah Kubu Raya, BPBD Beberkan Penjelasan

KUBU RAYA - Terkait kemunculan beberapa titik api di wilayah Kubu Raya, Kepala BPBD Kubu Raya, Mochtar menyampaikan pihaknya telah melakukan berbagai upaya pemadaman dibantu oleh BNPB melalui BPBD Provinsi, TNI-POLRI, Manggala Agni dan Pokmas dalam pelaksanaanya.

Semua pihak ini menurutnya terus bersinergi dalam menangani kasus karhutla yang ada di Kabupaten Kubu Raya tersebut. 

“Dari kemarin sudah ada 3 titik api dan Alhamdullilah sudah berhasil ditangani. Kita tetap melakukan patrol keliling dari desa ke desa dan dalam waktu dekat juga akan datang sekitar 1512 anggota TNI POLRI yang datang ke Kalimantan Barat dan Kabupaten Kubu Raya juga mendapatkan bagian dan mudah-mudahan dapat membackup kami BPBD dan TNI POLRI yang ada di Kubu Raya untuk membantu patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya, Selasa (16/7/2019).

Baca: BMKG Pantau 22 Titik Panas Hari ini di Kalbar, Sepuluh Titik di Kubu Raya

Baca: Pencatatan Perkawinan Kolektif Gratis, Pemkab Kubu Raya Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Ia juga menjelaskan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pemadaman sejak beberapa waktu terakhir. Meskipun api tidak terlalu besar, namun dengan satelit yang bagus dapat segera terlihat.

“Anggota saya sudah turun ke Ambawang membantu penanganan kebakaran di sana bersama Pokmas dan alhamdullilah pemerintah kabupaten Kubu Raya juga sudah cepat tanggap menyampaikan laporan kepada pemerintah provinsi. Dimana kewenangan provinsi adalah melakukan pemadaman lewat udara sedangkan pemerintah Kubu Raya melakukan pemadaman melalui darat," jelasnya.

"Penggabungan dua metode ini sudah berjalan dan alhamdullilh sore ini pesawat Bell sudah selesai melakukan pemadaman di ambawang dan sekarang diarahakan ke Rasau Jaya. Mudah-mudahan tidak terganggu oleh cuaca dan semoga besok sudah aman kembali,” katanya lagi.

Baca: Pemkab Kubu Raya Catat Perkawinan Kolektif, Ada yang 11 Tahun Menikah Belum Miliki Akta

Baca: Pawai Lintas Etnis di Kubu Raya, Paguyuban Jawa Turut Serta Sebagai Wujud Kecintaan Terhadap Budaya

Mochtar menyampaikan untuk titik api yang muncul pada Selasa (16/7/2019) pagi tadi berada di wilayah pancaroba.

“kalau kemarin loncek, alhamdullilah sudah selesai tim dari darat, dan provinsi lewat udara. Untuk sore ini sudah diarahkan oleh provinsi ke rasau jaya untuk membantu tim pemadan darat yang dikomandoi manggala agni dan pokmas yang ada di rasau jaya. Untuk titik api tidak besar, tetapi karena satelit kita bagus jadi cepat terpantau.” tutur Mochtar. (Marpina Sindika Wulandari)

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved