DWP BKKBN Kalbar Raih Juara I di Harganas XXVI, Kreasikan Tarian Tidayu

Bahkan, kreasi tarian ini hampir meraih dua kategori, yaitu juara favorit, namun kalah satu poin dari provinsi lainnya.

DWP BKKBN Kalbar Raih Juara I di Harganas XXVI, Kreasikan Tarian Tidayu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Ketua DWP BKKBN Kalbar, Eis Trismulyati  (tengah) dan anggota DWP BKKBN Kalbar foto bersama disebuah Warung Soto Tepian Sungai Martapura, Banjarmasin, Jumat (5/7/2019). 

DWP BKKBN Kalbar Raih Juara I di Harganas XXVI, Kreasikan Tarian Tidayu

BANJARMASIN - Kreasi tarian yang ditampilkan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional (BKKBN) Kalbar berhasil mendapatkan pengakuan sebagai juara satu.

Ketua Darma Wanita Persatuan BKKBN Kalbar, Eis Trismulyati menjelaskan  kreasi tarian yang ditampilkan adalah tarian khas Kalbar yang merangkum entitas di kalbar yang disebut tarian Tidayu  (Tionghoa, Dayak dan Melayu).

"Kita sengaja mengangkat seni budaya Kalbar,  supaya ibu-ibu Darma Wanita Persatuan Indonesia mengetahui bahwa budaya yang ada di Kalbar dan  menggambarkan dari Sabang sampai Marauke," ucap Eis saat diwawancarai, Jumat (5/7/2019).

Penyerahan hadiah dilangsungkan saat pelaksanaan Hari Keluarga Nasioanal (Harganas) ke XXVI yang dipusatkan di Kalimantan Selatan.

Baca: Kelurahan Siantan Hilir Raih Pakarti II Tingkat Nasional PHBS di Harganas 2019

Baca: BKKBN Kalbar Angkat Konsep Kembali ke Meja Makan Pada Harganas ke XXVI

Ia menceritakan ide awal mengkreasikan tarian Tidayu  karena dari DWP BKKBN Indonesia meminta seluruh DWP BKKBN setiap provinsi harus menampilkan kesenian dari masing-masing daerah.

"Dari  itulah  kita mempunyai ide, bahwa menunjukan budaya Kalbar. Disana ada tiga etnis besar, Tionghoa, Dayak dan Melayu, sehingga kita angkat kreasi ini dan persiapannya dua minggu,"  jelasnya.

Ia bersyukur dapat meraih juara satu, berkat latihan kerja keras dan belajar bersama pelatih.

Semua penari dilakukan oleh anggota DWP BKKBN.

Bahkan, kreasi tarian ini hampir meraih dua kategori,  yaitu juara favorit, namun kalah satu poin dari provinsi lainnya.

Baca: VIDEO: Parade Jukung Warnai Peringatan Harganas ke XXVI di Sungai Martapura

Baca: Peringati Harganas, BKKBN Kalbar Tampilkan Miniatur Tugu Khatulistiwa Saat Pawai Perahu

"Kita hanya kurang satu poin lagi untuk meraih ua kategori, kita sudah mendapatkan juara satu dan hampir kita mendapatkan kategori  juara favorit juga," tambahnya.

Kreasi Darma Wanita BKKBN Kalbar berhasil memukau yang lainnya dengan konsep  Tidayu yang ditampilkan sehingga berhasil meraih juara satu.

"Mudah-mudahan kedepan kita bisa menampilkann yang terbaik lagi dan memberikan kebanggaan," ucapnya 

Pada hari Keluarga Nasional ini, ia juga menyampaikan  selamat hari keluarga untuk semua, cinta keluarga, cinta terencana. Itulah ditegaskannya semboyan untuk seluruh ibu-ibu dan keluarga di Indonesia. 

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved