Sistem Zonasi Diprotes, Panitia PPDB SMAN 1 Mempawah Hilir Akui Pihaknya Tak Bisa Intervensi Aturan

Muldiansyah mengatakan, mereka hanya menerima calon siswa yang jarak rumahnya 6.5 kilometer ke bawah saja.

Sistem Zonasi Diprotes, Panitia PPDB SMAN 1 Mempawah Hilir Akui Pihaknya Tak Bisa Intervensi Aturan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YA' M NURUL ASHORY
Anggota Panitia Pelaksana PPDB SMAN 1 Mempawah Hilir, Muldiansyah saat menjelaskan sistem zonasi kepada orang tua siswa, Rabu (26/6/2019) pagi. 

Sistem Zonasi Diprotes, Panitia PPDB SMAN 1 Mempawah Hilir Akui Pihanya Tak Bisa Intervensi Aturan

MEMPAWAH - Hari terakhir penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMAN 1 Mempawah Hilir terjadi keributan, Rabu (26/6/2019) pagi.

Sejumlah orang tua wali murid yang hendak mendaftar di SMAN 1 Mempawah Hilir melakukan protes dan meminta kejelasan kepada panitia pelaksana PPDB terkait sistem zonasi.

Mereka yang berasal dari Kecamatan Mempawah Timur merasa di intimidasi oleh aturan sistem zonasi tersebut.

Mereka beranggapan SMAN 1 Mempawah Hilir kebanyakan menerima peserta didik hanya dari Kecamatan Mempawah Hilir saja, padahal lokasi sekolah tidak jauh dari rumah mereka.

Terkait hal itu, Anggota Panitia Pelaksana PPDB SMAN 1 Mempawah Hilir, Muldiansyah menjelaskan sistem zonasi diterapkan berdasakan Peraturan Menteri, kemudian jatuh lagi ke Peraturan Gubernur.

Baca: Warga Mempawah Timur Lakukan Protes, Merasa Didiskriminasi dengan Sistem Zonasi Dalam PPDB

Baca: PPDB Bersistem Zonasi, Dikbud Sanggau Banyak Dapat Keluhan

Itulah acuan mereka dalam PPDB yang berlaku untuk daerah Kalbar.

"Setiap daerah itu berbeda-beda, kita pastikan itu berbeda, contohnya aturan si pulau Jawa, Sulawesi dengan Kalbar itu tentu berbeda, jangan kita samakan," ujarnya, Rabu (26/6/2019) pagi.

Muldiansyah menjelaskan, sistem zonasi di tingkat SMA di ukur dengan Desa/Kelurahan, naik lagi ke tingkat Kecamatan, dan SMAN 1 Mempawah Hilir terletak di daerah Kecamatan Mempawah Hilir, otomatis setiap siswa yang domisili di Mempawah Hilir masuk ke zona 1.

"Kemudian yang terdekat dengan Mempawah Hilir adalah Mempawah Timur, makanya Mempawah Timur masuk ke zona 2. Pertanyaan mengapa calon siswa dari Mempawah Timur tidak masuk walaupun rumahnya hanya 1 atau 2 kilometer karena memang mereka termasuk kedalam wilayah zona 2," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved