Pimpin Apel PHPU, Kapolda: Kerahkan Personel di KPU dan Bawaslu

Seluruh porsenel ini nantinya akan ditempatkan di setiap mako-mako, terutama di KPU, Bawaslu.

Pimpin Apel PHPU, Kapolda: Kerahkan Personel di KPU dan Bawaslu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono memimpin apel konsolidasi dan kesiapan pengamanan sidang PHPU di Alun-alun Kapuas, Kamis (13/6). 

Pimpin Apel PHPU, Kapolda: Kerahkan Personel di KPU dan Bawaslu

PONTIANAK - Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan, pengamanan arus mudik dan arus balik pada Idul Fitri 1440 H berjalan dengan aman dan lancar. 

"Kejahatan-kejahatan yang menonjol itu tidak ada, serta stabilitas harga ketersediaan bahan pokok (bapo) semuanya bisa terkendali," ujarnya usai memimpin apel konsolidasi dan kesiapan pengamanan sidang PHPU di Alun-alun Kapuas, Kamis (13/6).

Ia juga mengatakan, apel konsolidasi ini merupakan tindak lanjut dari Operasi Ketupat yang dilaksanakan sejak 19 Mei hingga hari ini.

Seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan pengamanan selama arus mudik dan balik. Tidak hanya itu, operasi ini juga bertujuan menjaga stabilitas harga serta ketersediaan bahan pokok di Kalbar. 

Baca: Inilah Tanda Gejala Cacar Monyet Menurut Dinas Kesehatan Mempawah dan Cara Pencegahannya

Baca: Terungkap! Kasus Perampokan di Samping Maybank Singkawang, Gelapkan Uang Perusahaan untuk Main Judi

Didi menuturkan, keberhasilan ini bukanlah semata berkat Polda Kalbar, Kodam XII Tanjungpura serta jajaran pejabat pemerintah kota Pontianak, namun merupakan hasil kerjasama seluruh komponen masyarakat, terutama dalam memberi informasi-informasi, dan tetap menjaga stabilitas dari Kamtibmas hingga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. 

Selain itu, pada kegiatan ini juga sekaligus mempersiapkan terkait dengan persiapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Dalam hal itu, setidaknya 707 porsonel gabungan porsenel Polda Kalbar dan Kodam XII Tanjungpura disiagakan. Seluruh porsonel ini dibagi menjadi lima kompi. 

"Seluruh porsenel ini nantinya akan ditempatkan di setiap mako-mako, terutama di KPU, Bawaslu. Meskipun begitu, dirinya yakin bahwa Kalbar akan tetap kondusif, apalagi selama ini sinergitas antar stakeholder dan seluruh komponen sudah terjalin sangat baik. InshAllah untuk Kalbar kondusif," yakinnya. 

Ia juga menambahkan, selama ini komunikasi pendekatan terhadap komponen masyarakat akan dilakukan secara persuasif. Apalagi saat ini masih dalam momentum lebaran, pihaknya akan mengundang untuk menghadiri acara halal bihalal. 

Baca: Asyik Pesta Narkoba, Enam Orang Ditangkap Polisi

"Kegiatan ini juga akan diisi dengan mendengarkan secara langsung terkait dengan informasi-informasi dari masyarakat. Tentunya pola-pola ini lebih soft dan populis," ungkapnya. 

Didi Haryono mengimbau agar seluruh masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas keamanan serta harga dan ketersediaan bapok.

Selain itu, disampaikan dia jika masyarakat mendapatkan informasi-informasi yang menggangu kondisi ini, maka segera laporkan kepada pihaknya

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved