Pertamina Kalbar Gencar Sidak Pangkalan, Pastikan Pasokan Elpiji Aman

pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada Horeka (Sektor Usaha Hotel dan Restoran dan Kafe) agar pakai elpiji non subsidi

Pertamina Kalbar Gencar Sidak Pangkalan, Pastikan Pasokan Elpiji Aman
istimewa
TINJAU - Branch Marketing Pertamina Kalbar dan Kalteng, Muhammad Ivan Syuhada meninjau distribusi elpiji tiga kilogram di sejumlah pangkalan di Kota Pontianak, Jumat (24/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalbar secara rutin melakukan pemantauan stok dan distribusi di tingkat pangkalan-pangkalan elpiji subsidi sehingga penyalurannya memang tepat sasaran, yakni kepada masyarakat tidak mampu.

"Inisiatif kami meninjau langsung secara rutin distribusi dan stok elpiji tiga kilogram ini, untuk mengetahui kendala sebenarnya di masyarakat dalam mendapatkan elpiji subsidi tersebut, serta memastikan harga jualnya di tingkat pangkalan sesuai HET (harga eceran tertinggi) sesuai edaran Gubernur Kalbar sebesar Rp16.500 /tabung," kata Branch Marketing Pertamina Kalbar dan Kalteng, Muhammad Ivan Syuhada, Jumat (24/5/2019).

Selain itu, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada Horeka (Sektor Usaha Hotel dan Restoran dan Kafe) agar menggunakan elpiji nonsubsidi mulai dari Bright Gas 5,5 kilogram, kemudian tabung 12 kilogram dan lainnya.

"Sehingga elpiji tiga kilogram memang dibeli sesuai dengan peruntukannya, yakni digunakan oleh masyarakat miskin atau tidak mampu yang ada di Kalbar," katanya.

Baca: Wali Kota Pontianak Sampaikan Dukacita untuk Ryan, Korban Tewas Rusuh Simpang Tanjung Raya

Baca: Skor PSM Makassar Vs Badak Lampung di Liga 1 2019, Juku Eja Pesta Gol Ke Gawang Badak Lampung

Memang, menurut dia hingga saat ini belum sempurna, sehingga pihaknya terus melakukan pemerataan pangkalan-pangkalan elpiji subsidi, yang kini terus berproses, serta kalau ada masalah-masalah dengan cepat bisa ditanggulangi.

"Kami sudah menerapkan pelayanan proaktif, yakni dengan turun langsung ke lapangan, bahkan sepanjang bulan Ramadhan ini dalam seminggu bisa dua hingga tiga kali turun ke lapangan guna melihat langsung distribusi elpiji subsidi mulai dari pangkalan," katanya.

Selain itu, menurut dia pihaknya juga menggandeng Hiswana Migas dan Satpol-PP kabupaten/kota dalam melakukan sidak atau memantau langsung distribusi elpiji subsidi agar tepat sasaran.

"Bahkan dalam waktu dekat ini kami akan memberikan diskon khusus bagi ASN (aparatur sipil negara) yang menggunakan elpiji nonsubsidi, yang didukung oleh Wali Kota Pontianak dan Gubernur Kalbar," katanya.

Dia menambahkan, masih banyak faktor juga kalau Horeka yang masih menggunakan elpiji tiga kilogram, salah satunya kemudahan dalam mendapatkannya, ukurannya tidak terlalu besar, dan ada juga memang untuk kepentingan bisnis.

Halaman
12
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved