Penentuan Lokasi Kampanye Akbar di Mempawah, Ini Rambu-rambunya?

KPU Kabupaten Mempawah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahapan pemilu 2019, di Ruang Rapat Kantor KPU Mempawah, Kamis (7/2/2019).

Penentuan Lokasi Kampanye Akbar di Mempawah, Ini Rambu-rambunya?
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DAVID NURFIANTO
Pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan tahapan Pemilu 2019, di Ruang Rapat Kantor KPU Mempawah, Kamis (7/2/2019). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahapan pemilu 2019, di Ruang Rapat Kantor KPU Mempawah, Kamis (7/2/2019). Rapat dihadiri Komisioner Bawaslu, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mempawah.

Satu diantara materi yang dibahas dalam Rakor yakni lokasi rapat umum atau kampanye akbar serta pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Kita rapat ini untuk mengetahui kesiapan instansi, terkait tahapan Pemilu 2019. Dan, kita fokuskan pada persiapan kampanye rapat umum Pemilu 2019, termasuk lokasi rapat umum dan juga lokasi pemasangan APK,” ujar Ketua KPU Mempawah, M Agoes Soesanto.

Baca: KPU Mempawah Rampung Rakit 3.300 Kotak Suara

Ia menjelaskan, Pemkab Mempawah sebenarnya telah mengirim Surat Edaran (SE) yang diterima 5 September 2018 perihal lokasi pemasangan APK, dan fasilitas kampanye rapat umum. Namun, ia menerangkan, Surat Keputusan (SK) yang sudah keluar baru lokasi-lokasi pemasangan APK.

“Berkenaan fasilitas kampanye rapat umum ini belum dikeluarkan SK-nya. Karena, sesuai mekanisme, baru SK lokasi pemasangan APK yang sudah keluar dan sempat dilakukan revisi sebanyak dua kali. Untuk kampanye rapat umum ini sebelum SK dikeluarkan perlu kita lakukan pencermatan kembali, karena ada out door dan in door,” jelasnya.

Agoes menerangkan, ada rambu-rambu atau catatan dalam SE soal lokasi kampanye rapat umum Pemilu 2019. “Ada beberapa lokasi yang masih mengenai lembaga pendidikan dan tempat ibadah, serta lokasi tidak boleh berada pada bangunan atau tempat yang masuk dalam anggaran pemerintah,” imbuhnya.

Sebelum kampanye rapat umum, pihaknya akan mengeluarkan keputusan berkenaan jadwal. Hal ini tentunya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait dan juga partai politik agar jadwalnya tidak bentrok.

“Jadwal dan zona kemungkinan sama dengan Pemilu Tahun 2014, diseragamkan antara zona dari KPU RI, Provinsi dan Kabupaten. Ini akan kita sinkronkan menjadi satu, namun sampai saat ini belum ada keputusan terkait hal itu,” jelas Agoes.

Baca: Rakit 10 Ribuan Kotak Suara Dalam Seminggu, Ini Relawan yang Disiapkan?

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Mempawah, Kaharudin meminta KPU cepat berkoordinasi dengan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) terkait lokasi fasilitas kampanye rapat umum Pemilu 2019.

“Agar nantinya partai politik bisa mengurus STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan-red), kalau lokasi tidak ada kan partai politik bingung ngurus STTP-nya kemana?" ujarnya.

Selain itu, Kaharudin mengimbau Parpol mengurus STTP ketika nantinya akan melakukan kampanye rapat umum. "Saya juga berharap Parpol tidak melakukan kegiatan di luar ketentuan yang ada, dan tidak membuat kegiatan tanpa STTP," tutupnya.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved