Rakit 10 Ribuan Kotak Suara Dalam Seminggu, Ini Relawan yang Disiapkan?

Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menargetkan dalam sepekan 10 ribuan kotak suara dapat terakit

Rakit 10 Ribuan Kotak Suara Dalam Seminggu, Ini Relawan yang Disiapkan?
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Pekerja merakit kotak suara di gudang logistik Pemilu 2019 KPU kota Pontianak, Jalan Urai Bawadi,Komplek Java Square, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (6/2/2019).Perakitan kotak suara KPU kota Pontianak ini dikerjakan sejak Senin 4 Februari 2019 lalu, dan ditargetkan akan rampung dalam minggu-minggu ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menargetkan dalam sepekan 10 ribuan kotak suara dapat terakit. Pihaknya mengerahkan tenaga maksimal untuk mencapai target tersebut.

"Kotak suara targetnya dalam satu minggu ini selesai, kita melibatkan 25 orang yang terdiri dari relawan, badan Ad Hoc, termasuk PPK," katanya, Rabu (06/02/2019) lalu.

Perakitan tersebut, lanjutnya, sesuai dengan surat yang dikirim oleh Sekreteriat Jenderal KPU RI, ke KPU Kabupaten Kota seluruh Indonesia meminta untuk awal Februari bisa dimulai perakitan kotak suara.

"Perakitan kotak suara bukan hanya sekedar persiapan untuk kotak suara diisi, namun sekaligus mengecek seluruh kotak suara yang dikirim dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan," terangnya.

Baca: DPR dan DPD RI Dukung Jatah Menteri dari Kalbar, Ini Posisi yang Cocok?

Untuk jumlah kotak suara, kata dia, ada 10 ribuan. Karena, di Kota Pontianak ada 2001 TPS dimana masing-masing TPS ada lima kotak suara, ditambah juga dengan kotak suara untuk rekapitulasi di PPK dan rekapitulasi di Kota Pontianak. Ia pun menerangkan, untuk kotak suara sudah tiba di Kota Pontianak.

"Hanya surat suara dan formulir-formulir rekap, formulir penghitungan suara, dan hanya formulir yang sifatnya umum sudah ada, namun untuk hari H belum," bebernya.

Lebih lanjut, Komisioner KPU Pontianak dua periode ini pun menerangkan, jika kotak suara yang ada di Pontianak dalam keadaan baik. Karena memang sejak awal KPU RI sudah mengingatkan untuk penyimpanan kotak suara yang belum dirakit ada ketentuan-ketentuannya.

Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Lembaga Bawaslu Pontianak, Irwan Manik Radja menerangkan dari hasil pengawasan pihaknya, belum semua kotak suara di Kota Pontianak komplit dikirim.

"Total kotak 2001x5=10.005, kurang 511 kotak yang belum terkirim dari RI," kata Irwan.

Baca: OSO: Orang yang Ingin Saya Mundur, Mereka Penghianat

Sebelumnya, diungkapkannya jika giat perakitan kotak suara oleh KPU Kota Pontianak sejak Senin (4/2) kemarin mulai pukul 12.30-17.00 WIB. Kegiatan tersebut, kata dia, dilanjutkan sampai dengan logistik kotak suara selesai dirakit.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved