Pilkada Mempawah

KPU Tetapkan Erlina-Muhammad Pagi Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih

Penetapan sebagaimana di maksud yakni ini paling lama 3 hari setelah MK menetapkan dan melampirkan surat penetapan yang ada

Penulis: Ferryanto | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FERRYANTO
Penyerahan Berita Acara pada Bupati Terpilih, Erlina dan Wakil Bupati Terpilih, Muhammad Pagi, Rabu (25/07/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- KPU Mempawah telah selesai melaksanakan Rapat Pleno Terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah periode 2018-2023, Erlina dan Muhammad Pagi, Rabu (25/7/2018).

Ketua KPU Mempawah, M. Agoes Soesanto mengatakan bahwa Rapat Pleno Terbuka ini telah sesuai dengan PKPU nomor 9 tahun 2018 pasal 52.

"Penetapan sebagaimana di maksud yakni ini paling lama 3 hari setelah MK menetapkan dan melampirkan surat penetapan yang ada," paparnya.

Di ketahui, pada Rapat Pleno terbuka kali ini, tidak ada pasangan kandidat lain yang turut hadir untuk menyaksikan Pleno ini, hanya ada 1 perwakilan saja dari perwakilan kandidat paslon nomor urut 1, Hasan Zulkifli yang mewakili Syech Bandar dan Hermanto Liem.

Baca: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Kapuas Hulu, Kapolsek: 1 Sudah Dibawa ke Pontianak

Agoes mengungkapman bahwa hal terpenting pada rapat pleno ini adalah kehadiran pasangan calon terpilih dan partai pengusung.

Iapun mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan undangan kepada seluruh kandidat yang ada, namun hingga akhir acara pihaknya pun tak mengetahui alasan dari kandidat lain tidak menghadiri Rapat Pleno terbuka ini.

Tahapan selanjutnya setelah Pleno terbuka ini adalah KPU Mempawah akan mengirimkan SK penetapan serta lampiran dan BA ke DPRD, yang kemudian akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Kalbar.

Baca: Densus 88 Saat Ini di Kapuas Hulu, Tangani Penangkapan Terduga Teroris

"Sesuai dengan pasal 62 PKPU nomor 9 tahun 2018, yakni penyerahan ini 1 hari setelah penetapan ini di lakukan. Besok kami akan sampaikan surat keputusan dan BA (Berita acara) DPRD kabupaten untuk selanjutnya akan diproses ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur," tuturnya.

Penyerahan Berita Acara pada Perwakilan Partai Pengusung dan pada Erlina Bupati Mempawah Terpilih, Rabu (25/07/2018).
Penyerahan Berita Acara pada Perwakilan Partai Pengusung dan pada Erlina Bupati Mempawah Terpilih, Rabu (25/07/2018). 

Untuk pelantikan, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut.

"Yang jelas AMJ (Akhir Masa Jabatan) Bupati saat ini sekitar bulan April 2019 dan kita masih menunggu jadwal pelantikan itu sendiri," ujarnya.

"Di tataran KPU Mempawah, kita sudah selesai, kita tinggal menyerahkan surat SK dan BA nya ke DPRD untuk diserahkan ke Kementerian melalui Gubernur, selanjutnya semua urusan dari DPRD dan Kementrian Melalui Gubernur, kita hanya tinggal menunggu undangan pelantikan saja," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved