Pilgub Kalbar

Penetapan Gubernur Kalbar Terpilih, Pengamat Ingatkan Soal Janji Kampanye

M Sabran Achyar menilai program-program yang dicanangkan Sutarmidji ini sudah semestinya disambut baik masyarakat Kalbar.

Penetapan Gubernur Kalbar Terpilih, Pengamat Ingatkan Soal Janji Kampanye
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Sutarmidji dan Ria Norsan menerima surat keputusan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat terpilih periode tahun 2018-2023 dari KPU Provinsi di Ballroom Hotel Kapuas Palace di Jalan Budi Karya, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (24/2/2018) malam. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Sosial Politik dan Kemasyarakatan, Akademisi Untan, M Sabran Achyar menilai program-program yang dicanangkan Sutarmidji ini sudah semestinya disambut baik masyarakat Kalbar.

Berikut analisanya:

"Saya kira ini akan menjadi satu dari kebijakan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat yang sangat diperlukan di Kalbar.

Dalam konteks itu, tentu perlu adanya partisipasi dari masyarakat. Bagaimana agar program-program yang baik seperti ini bisa disukseskan selama lima tahun ke depan.

Baca: Sutarmidji-Ria Norsan Ditetapkan sebagai Gubernur dan Wagub Kalbar Terpilih, Ini Foto-fotonya

Program-program seperti ini, saya kira juga sudah pernah dilakukan di Pontianak selama kepemimpinannya sebagai walikota dua periode. Bagaimana membuat program kerja yang jelas, tepat sasaran, dan berbasis pada skala prioritas. 

Seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM misalnya. IPM ini memang jadi satu dari masalah besar bagi masyarakat kita.

Seingat saya, IPM Kalbar saat ini berada pada posisi paling buncit jika dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Kalimantan. Mengupayakan agar UPM Kalbar bisa meningkatkan IPM Kalbar, apalagi jika bisa menempati posisi tertinggi di wilayah Kalimantan, tentu merupakan satu hal yang sangat bagus.

Dengan menempatkan peningkatan IPM sebagai janji kampanye, tentu hal tersebut harus diupayakan semaksimal mungkin. Itu mungkin bukan satu hal yang mudah, tapi saya yakin kepemimpinan Kalbar yang baru ini akan berdampak sangat signifikan terhadap pembangunan di Kalbar

Di samping itu juga, bidang pendidikan, khususnya menengah atas yang menjadi domain dari pemerintah provinsi. Menghadirkan fasilitas pendidikan yang representatif di daerah-daerah yang setara dengan di perkotaan tentunya juga sangat baik.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved