Takjil Akbar on The Road, Bea Cukai Pontianak Berbagi Sembari Edukasi Rokok Palsu ke Masyarakat

Dalam kegiatan ini masyarakat yang mendapatkan takjil juga bisa termotivasi dari pengetahuan leaflet yang dibagikan oleh Bea Cukai Pontianak.

Takjil Akbar on The Road, Bea Cukai Pontianak Berbagi Sembari Edukasi Rokok Palsu ke Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MAUDY ASRI GITA UTAMI
seluruh staf muda Bea Cukai Pontianak Ikut andil dalam membagikan takjil kepada masyarakat 

Takjil Akbar on The Road, Bea Cukai Pontianak Berbagi Takjil Sembari Edukasi Bagi Masyarakat

PONTIANAK - Bulan suci Ramadan, begitu banyak diwarnai dengan suka cita bagi umat muslim dan seluruh masyarakat di seluruh dunia.

Dengan saling berbagi dan merangkul masyarakat dalam kebaikan, Bea Cukai Pontianak atau sering disebut KPPBC TMP B Pontianak melakukan aksi sosial untuk saling berbagi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bea Cukai Pontianak untuk saling memotivasi serta memberikan edukasi dari kegiatan "Takjil Akbar on The Road".

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI), Sri Rahayu mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Baca: Tumbuhkan Perekonomian Daerah dengan KITE IKM Bea Cukai Kalbar Koordinasi dengan Disperindag

Baca: Bea Cukai Entikong Musnahkan Pakaian Bekas‎ Hasil Sitaan

Dalam kegiatan ini masyarakat yang mendapatkan takjil juga bisa termotivasi dari pengetahuan leaflet yang dibagikan oleh Bea Cukai Pontianak.

"Selain kita berbagi takjil ini, kita juga melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mengenali ciri penipuan serta ciri rokok ilegal seperti tanpa dilekati pita cukai," papar Sri di depan Kantor Pajak saat ditemui Tribun.

Selain itu, dalam leaflet atau sejenis brosur juga terdapat ciri lainnya diantaranya adalah ciri rokok yang dilekati pita cukai palsu, rokok yang dilekati pitai cukai yang bukan peruntukannya, dan rokok menggunakan pita cukai bekas.

Itu merupakan ciri dari rokok ilegal.

Beragam kegiatan keagamaan juga banyak dilakukan oleh Bea Cukai Pontianak, sepeti kegiatan santunan, menambah pemahaman keagamaan, serta kegiatan rutin takjil yang dilakukan di depan kantor Bea Cukai Pontianak.

Baca: Bea Cukai Entikong Hibahkan Barang Hasil Penindakan Selama Tiga Tahun ke Pemkab Sanggau

Baca: Bea Cukai Sintete Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok dan Pakaian Lelong

"Karena ini merupakan pembagian takjil Akbar, maka kita adakan lebih banyak jumlahnya dari yang biasa, yaitu 200 pcs. Dan kita juga adakan di dua titik, satu di persimpangan depan Kantor Pajak dan satunya lagi diseberang kantor pajak," tambahnya.

Tujuan dibagikannya leaflet ini sendiri adalah sebagai bentuk upaya menurunkan angka rokok ilegal yang tersebar di masyarakat.

Dengan adanya upaya yang yang dilakukan oleh Bea Cukai Pontianak, maka Sri berharap masyarakat semakin berhati-hati terhadap rokok palsu yang beredar.

"Kita bekerja dan bersinergi untuk menekan angka rokok ilegal, maka kita buat edukasi serta berbagi takjil agar semakin banyak masyarakat yang membaca maka akan semakin berhati-hati dalam memilih, disitulah peranan Bea Cukai agar semakin lebih baik lagi untuk seluruh masyarakat," pungkasnya. (*)

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved