Naik Dango Wujud Rasa Syukur Kepada Pencipta

Naik Dango Dayak Kanayatn tahun ini diikuti kontingen dari 27 Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan dari tiga Kabupaten di Kalimantan Barat

Naik Dango Wujud Rasa Syukur Kepada Pencipta
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
acara naik dango di Landak 

Naik Dango Wujud Rasa Syukur Kepada Pencipta

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak siap menyelenggarakan acara Naik Dango ke XXXIV yang akan berlangsung selama 3 hari. Sesuai jadwal, kegiatan akan dibuka pada tanggal 26-28 April 2019 di Radakng Aya Ngabang, Kabupaten Landak.

Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa mengatakan, Naik Dango merupakan agenda rutinitas setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh masyarakat dayak sebagai ucapan syukur atas panen padi.

Baca: XL Axiata Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Baca: Hotel Orchardz Resmi Jadi Pelanggan Premium Tegangan Rendah Pertama PLN Kalbar

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk wujud syukur atas hasil panen yang diperoleh kepada sang pencipta," ujar Karolin pada Kamis (25/4/2019).

Naik Dango Dayak Kanayatn tahun ini diikuti kontingen dari 27 Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan dari tiga Kabupaten di Kalimantan Barat, yakni Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Landak.

Dalam kegiatan Naik Dango kali ini, akan diadakan 20 jenis perlombaan, diantaranya numbak, nyumpit, pangka gasikng. Nugal Manih, Nutuk Basingkaluk, Nampik Seak,Naap Jalu dan perlombaan tradisional lainnya.

Selain lomba antar Kecamatan, panitia juga mengadakan lomba foto selfie dan vlog kegiatan Naik Dango di Rumah Radakng Aya' Ngabang. Nah untuk masyarakat umum, ayo buruan ikuti lomba karena ada berhadiah menarik.

Untuk informasi bisa mampir ke Facebook dan YouTube : Pemerintah Kabupaten Landak

Twitter : @pemkab_landak, dan Instagram : pemkab_landak.

Terkait kesiapan peserta, Kontingen Kecamatan Mandor yang akan mengikuti kegiatan Naik Dango sudah diberangkatkan pada Kamis (25/4/2019).

Kegiatan pelepasan Kontigen Naik Dango Kecamatan Mandor disaksikan oleh Camat Mandor Eric Sonetus, yang mengharapkan agar semua peserta kontingen Naik Dango untuk tetap semangat.

"Jaga kekompakan, patuhi aturan yang dibuat oleh Ketua Kontingen. Serta berusaha dan berupaya meraih keberhasilan," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Mandor Iptu Anuar Syarifudin, yang sangat mendukung kegiatan pekan olah raga dan seni budaya naik dango.

"Laksanakan kegiatan dengan penuh semangat dan tanggung jawab, semoga semua berjalan dengan sukses dan hasil yang maksimal dan menggembirakan," pesan Kapolsek. 

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved