Surat Suara Ada yang Kurang dan 'Terselip', Berikut Penjelasan KPU Sintang

"Sebenarnya bukan tertukar. Hanya saja untuk di TPS itu ada surat suara DPRD Kabupaten yang harusnya untuk Dapil 6, tapi masuk ke Dapil 1,"

Surat Suara Ada yang Kurang dan 'Terselip', Berikut Penjelasan KPU Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Ketua KPU Kabupaten Sintang Hazizah, rABU (17/04/2019) 

Surat Suara Ada yang Kurang dan 'Terselip', Berikut Penjelasan KPU Sintang

SINTANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Hazizah bersyukur pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2019 dari pukul 07.00-13.00 WIB telah selesai dengan diwarnai antusias masyarakat yang cukup besar.

Hazizah mengakui memang ada beberapa kendala sesuai laporan dari PPK, PPS maupun KPPS di lapangan, terutama kaitannya dengan ketersediaan surat suara.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 644 dari KPU-RI, jika terjadi surat suara tertukar atau kekurangan maka KPPS boleh berkoordinasi dengan PPS.

"Sebenarnya ada beberapa TPS yang surat suaranya kurang, tapi alhamdulillah semua sudah teratasi karena sudah ditangani PPS untuk berkoordinasi dengan TPS-TPS terdekat dari situ," ujarnya, Rabu (17/4/2019) siang.

Baca: Usai Tanya Mahfud MD Pemenang Pilpres 2019, Aa Gym: Makanya Tidak Usah Pakai Cara Licik

Baca: Klaim Menang Pilpres 2019, Prabowo: Exit Poll Raih 55,4 Persen dan Hitung Cepat Internal 52 %

Terkait informasi surat suara yang tertukar di salah satu TPS di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, menurut Hazizah bukan semuanya tertukar, hanya ada beberapa surat suara yang terselip.

"Sebenarnya bukan tertukar surat suaranya. Hanya saja untuk di TPS itu ada surat suara DPRD Kabupaten yang harusnya untuk Dapil 6 lalu masuk ke Dapil 1, tapi itu sudah clear," jelasnya.

Sementara untuk kendala-kendala penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan, menurutnya belum ada menerima laporan lagi. Namun dirinya berharap berjalan lancar.

"Tapi sampai saat ini karena kita mungkin belum dapat info dari kawan-kawan tingkat PPK yang terjauh, kita belum tahu apa kendala-kendalanya dan mudah-mudahan semua bisa teratasi," ungkap Hazizah.

Baca: Bupati Sintang Beserta Forkopimda Melakukan Monitoring ke Sejumlah TPS

Baca: Salurkan Hak Suaranya di Sintang, Ini Tanggapan Bupati Jarot Terkait Sosok Capres-Cawapres

Selanjutnya, menurut Hazizah bahwa setelah proses pemungutan selesai, maka dilakukan penghitungan di tingkat TPS mulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.

Kemudian memang ada penambahan waktu penghitungan pasca keputusan MK. Bahwa penambahan waktu selama 12 jam lagi untuk proses penghitungan suara yang semulanya dibatasi sampai pukul 24.00 WIB.

"Pada akhirnya, kepada masyarakat yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan Pemilu 2019 dengan datang ke TPS dan memberikan hak suara, saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya," pungkasnya. (Wahidin)

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved