Herman Hofi Kesal Sama Pemkot: Tak Mau Dengar Masalah Pembuatan Tendon Air Atasi Karhutla

Masalah kebakaran hutan dan lahan di Kota Pontianak setiap tahunnya bukanlah hal baru..................

Herman Hofi Kesal Sama Pemkot: Tak Mau Dengar Masalah Pembuatan Tendon Air Atasi Karhutla
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/WAHIDINsy
Herman Hofi Munawar 

Herman Hofi Kesal Sama Pemkot: Tak Mau Dengar Masalah Pembuatan Tendon Air Atasi Karhutla

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Masalah kebakaran hutan dan lahan di Kota Pontianak setiap tahunnya bukanlah hal baru, ini selalu terjadi namun tidak ada langkah pasti dan terukur yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar saat diwawancara mengenai 10 hektar lahan yang terbakar di kawasan ujung Sepakat II.

"Inilah yang saya sesalkan sama pemerintah kota ini, sudah berulang kali kita sarankan untuk membangun kolam tandon. Dari dulu kita ingatkan sumber masalah utama adalah sumber air," ucap Herman Hofi dengan tegas mempertanyakan masalah penanganan dan pencegahan Karhutla, Kamis (21/3/2019).

Baca: Tokoh Masyarakat Minta Pelaku Pengedar Upal Ditindak Tegas

Baca: Bejat, Pria di Belitang Hilir Cabuli Pelajar SMP yang Masih Tetangganya

Baca: Siap Lakoni Pertandingan, Daud Akan Jalani Latihan di Spanyol

Herman menambahkan bahwa dirinya sudah tidak mengerti juga dari dinas PUPR Kota Pontianak, mengapa mereka tidak membanngun kolam tendon, pahadal setiap kali kebakaran kendala adalah air.

Kemudian, membuat Perwa disampaikannya tidak akan menyelesaikan masalah Karhutla ini, karena kebakaran ini ada unssur tidak sengaja.

Masalah saat ini juga terkait gambut sudah rusak semua, maka untuk mengatasi tingkat kerusakan gambut yang paling prinsip adalah membuat kolam tendon sehingga dapat ditangani cepat apabila ada titik api.

"Saya juga sering kelapangan memadam api dan melihat cara kerja relawan yang sulit mendapatkan air,"tambahnya.

Ia menyebutkan persoalannya karena instansi terkait dan pemerintah tidak pernah mengurai peta masalahnya apa. Politisi PPP ini berharap instansi terkait harus memetakan itu, bukan hanya soal lokasi dimana, tapi kendala-kendala dilapangan yang dihadapi serta alat apa yang diperlukan saat melakukan kegiatan mencegah kebakaran lahan itu.

"Sejauh ini, kita melihat hal yang mendasar saat terjadinya kebakaran lahan di Pontianak adalah masalah ketersediaan air. Padahal kita sudah pernah sarankan agar dibuat kolam tendon dibeberapa titik kerawanan kebakaran," saran Herman Hofi.

Sehingga saat terjadi kebakaran sudah mempunyai stok air dan dapat mencegahnya dengan cepat. Sekarang ini dijelaskannya, saat kemarau panjang maka sangat susah mencari air memadamkan api.

"Oleh sebab itu, perlu dibangun kolam tendon, kita sudah lama menyarankan membangun tendon, tapi ini tidak dibuat. Semoga tahun ini Pemkot bisa membuat kolam tendon air dilokasi rawan kebakaran,"pungkasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved