Antisipasi Ancaman Karhutla, Kapolresta Pontianak Perintahkan Jajaran Siaga

"Kita telah memonitor melakukan pencegahan, dengan melaksanakan patroli bersama, dengan pihak terkait," ujarnya,

Antisipasi Ancaman Karhutla, Kapolresta Pontianak Perintahkan Jajaran Siaga
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir 

Antisipasi Ancaman Karhutla, Kapolresta Pontianak Perintahkan Jajaran Siaga 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Muh Anwar Nasir mengatakan, sebagai bentuk pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pihaknya terus memonitor pencegahan karhutla diwilayah hukum Polresta Pontianak.

"Kita telah memonitor melakukan pencegahan, dengan melaksanakan patroli bersama, dengan pihak terkait," ujarnya, Sabtu (16/3/2019).

Kombes Pol Muh Anwar Nasir mengatakan masalah karhutla telah menjadi atensi khusus Kapolri, oleh sebab itu ia telah memerintahkan jajarannya untuk terus siaga dan membentuk tim untuk melaksanakan patroli.

Tak hanya itu kata dia, upaya preventif juga sudah dilakukan seperti memasang spanduk-spanduk peringatan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan. 

Baca: Silaturahmi Dengan Kader Golkar di Kalbar, Akbar Tanjung Imbau Kader Golkar Perkuat Soliditas

Baca: Karhutla Kembali Mengancam, BPBD Kota Pontianak Gencar Latih Personel Siaga Karhutla

Baca: Kasat Lantas Sebut Dugaan Penyebab Ambruknya Jembatan di Sungai Kajang

BPBD Kota Pontianak Gencar Latih Personel Siaga Karhutla

Setiap musim kemarau, di Kota Pontianak kerap kali diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berdampak pada banyak aspek kehidupan masyarakat, seperti kesehatan hingga ekonomi.

Dalam upaya kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana karhutla, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak terus melatih personel siaga karhutla.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pontianak, Saptiko mengatakan, siap siaga dalam menghadapi karhutla merupakan program dari BPBD, dimana potensi ancaman karhutla dinilai cukup tinggi di Pontianak setiap musim kemarau.

Baca: Jembatan Sambas - Subah Ambruk, Akses Warga Terganggu

Baca: BURSA TRANSFER: Isu Panas Eden Hazard ke Real Madrid Menguat Pasca Kembalinya Zinedine Zidane

Oleh sebab itu, BPBD Pontianak genjot melakukan pencegahan, seperti melatih personel siaga karhutla, para relawan, dan berpatroli di daerah-daerah rawan kebakaran setiap hari di Pontianak sejak 1 Maret 2019.

"Hari ini kita melaksanakan program dari BPBD dalam rangka kesiap siagaan karhutla, artinya sudah ada potensi ancaman, sehingga kita melakukan upaya kesiap siagaan, dalam penanggulangan karhutla," ujarnya, Sabtu (16/3/2019) saat melatih personel siaga karhutla di Jalan Parit Haji Husein II ujung.

Saptiko memaparkan, di Kota Pontianak tahun 2018 lalu, tercatat ada lebih dari 40 titik api (hotspot) dengan luas sekitar 30 hektar lebih.

"Sehingga dengan demikian kita harus siap siaga, kita sudah lakukan persiapan sejak dini mulai dari peralatan, hingga sumber daya manusianya," tandasnya.

Yuk Follow Akun Instagram tribunpontianak:

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved