Dua Desa di Ambawang Dimekarkan, Hermanus: Percepatan Pembangunan, Pelayanan dan Kesejahteraan

Sehingga percepatan pembangunan, pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud

Dua Desa di Ambawang Dimekarkan, Hermanus: Percepatan Pembangunan, Pelayanan dan Kesejahteraan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus meresmikan Desa Persiapan Kuala Bakung dan Desa Persiapan Lintang Jaya di Kantor Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kamis (14/2). 

Dua Desa di Ambawang Dimekarkan, Hermanus: Percepatan Pembangunan, Pelayanan dan Kesejahteraan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus meresmikan dua Desa Persiapan Kuala Bakung dan Desa Persiapan Lintang Jaya di Kantor Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kamis (14/2/2019).

Kedua desa persiapan tersebut merupakan pemekaran dari desa induk, Desa Teluk Bakung.

"Desa persiapan sesuai dengan perundang-undangan akan diberlakukan selama 1-3 tahun. Jika kurun waktu 1 tahun dinilai efektif dan pemerintahan desa berjalan sebagaimana perintah undang-undang, maka Desa Persiapan Kuala Bakung dan Desa Persiapan Lintang Batang akan naik status menjadi desa definitif yang ditetapkan dengan peraturan daerah. Selanjutnya pemda akan memberikan alokasi dana desa atau ADD," ujar Hermanus.

Sedangkan dana desa yang bersumber dari APBN, menurut hermanus akan diberikan oleh pemerintah pusat setelah nomor kode desa diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri RI Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa di Jakarta.

Hermanus menilai peresmian desa persiapan merupakan momentum awal dalam pelaksanaan pemerintahan desa yang baik, bersih, dan transparan.

"Ini amanah besar kepada Desa Persiapan Kuala Bakung dan Desa Persiapan Lintang Batang yang harus dapat diaktualisasikan dalam bentuk kerja dan karya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan dan kemajuan masyarakat desa. Sehingga percepatan pembangunan, pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," kata Hermanus.

Baca: Wagub Ria Norsan Pastikan Proses Open Biding Jabatan Sekda Kalbar Objektif

Baca: Subandi: Hingga Kini Warga Kapuas Hulu Belum Ada Bermasalah di Malaysia

Baca: Peneliti Awetkan Anjing yang Diduga 50 Tahun Terjebak Dalam Pohon  

Hermanus mengatakan untuk memimpin pemerintahan di kedua desa persiapan, bupati telah mengangkat penjabat kepala desa dari Pegawai Negeri Sipil berdasarkan usulan camat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kepala desa persiapan menurutnya bertugas membentuk pemerintahan desa persiapan.

"Pembentukan tersebut meliputi penetapan batas wilayah desa, pengelolaan anggaran operasional dari APBDes induk, pembentukan struktur organisasi, pengangkatan perangkat desa, penyiapan fasilitas dasar bagi penduduk desa, pembangunan sarana prasarana pemerintahan desa, pendataan potensi desa, dan pembukaan akses perhubungan antardesa. Fungsi ini sangat penting karena roh dari otonomi desa berupa kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangga desa sendiri," ungkapnya.

Ia juga meminta kepada penjabat kades untuk menjadi mitra dari berbagai kelembagaan yang ada di desa, khususnya dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di desa. Hal serupa juga disampaikannya kepada masyarakat, untuk terus menjaga soliditas.

"Bekerja dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkas Hermanus.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved