Sekjen DPP PATELKI, Yanuar Amin Minta Petugas Laboratorium Harus Teliti

Ia mencontohkan, kebutuhan tenaga laboratorium setiap tahun sekitar 10.000-an tapi yang baru difasilitasi sekitar 3000-5000.

Sekjen DPP PATELKI, Yanuar Amin Minta Petugas Laboratorium Harus Teliti
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Yanuar Amin 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sekretaris Jenderal  Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Yanuar Amin menuturkan saat ini pemenuhan tenaga medis ahli teknologi laboratorium di pelayanan kesehatan di Indonesia memang masih sangat kurang. 

Ia mencontohkan, kebutuhan tenaga laboratorium setiap tahun sekitar 10.000-an tapi yang baru difasilitasi sekitar 3000-5000. 

Hal itu terjadi lantaran  keterjangkauan akses layanan,  misalnya di puskesmas daerah terpencil di luar pulau , sekarng sudah ada program yang namanya nusantara sehat.

Baca: Optimalisasi Perkarangan Rumah Bagi Sumber Pangan Menangani Stunting dan Peningkatan Pendapatan

Baca: TRIBUN WIKI: Lebih Dekat dengan Ketua DPD KNPI Kalbar, Berikut Profil Singkatnya

Program  pemerintah untuk memenuhi tenanga kesehatan  yang kurang di daerah-daerah tertentu dan program lainnya. 

Sementara untuk anggota PATELKI se Indonesia  ada 40.000-an  yang tersebar di 34 provinsi dan 410 cabang kabupaten-kota se Indonesia. 

Sekretaris Jenderal  Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Yanuar Amin sengaja datang pada acara yang digelar oleh DPW PATELKI Kalbar untuk mengisi materi dan memberikan arahan pada seluruh tenaga medis khususnya dibidang laboratorium di Kalbar. 

"Kegiatan hari ini adalah kegiatan ilmiahnya DPW Kalimantan Barat. Kebetulan saya di undang sebagai narasumber  materi tentang  hukumnya. Bagaiamana perlindungan dalam praktek profesinya," ucap Yanuar Amin saat diwawancarai, Sabtu (12/1/2019).

Selama ini, Yanuar iya menuturkan rekannya dilapangan memang belum banyak yang paham. Bahwa selama k berkerja itu memang dilindungi oleh aturan atau hukum dalam hal perlindungan, apabila bekerja dengan prosedur dan kompetensi yang jelas.

Baca: Yoo Jae Suk Sarankan Nama Pasangan Untuk Lee Kwang Soo dan Lee Sun Bin, Saingan Song Song Couple Nih

Baca: Handanu Sebut Tenaga Analis Medis Berperan Penting Terhadap Tindakan Yang Akan diambil Dokter

Selain itu, ia mengingatkan bahwa setiap petigas medis laboratorium harus terus meningkatkan kompetensinya, karena alat medis terus berkembang. 

Saat ini, profesi tenaga medis bagian laboratorium,  bukanlah sekedar  penunjang saja. Tapi juga sebagai penegak diagnosa, penentu diagnosa bersama  dengan tenaga kesehatan lainnya.

"Jadi kolaborasi itu penting artinya dokter tidak bisa berdiri sendiri, tenaga perawat tidak bisa berdiri sendiri, PATELKI juga demikian," tegasnya. 

Ia meminta setiap petugas harus dengan teliti dalam setiap memberikan analisa terhadap laboratorium yang ada sehingga menimbulkan kepercayaan dari masyarakat. 

"Mutu yang di hasilkan itu menjadi informasi yang penting kepada dokter untuk memutuskan sebuah diagnosa," tegasnya.
 

Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved