Handanu Sebut Tenaga Analis Medis Berperan Penting Terhadap Tindakan Yang Akan diambil Dokter

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyambut baik atas kegiatan yang dilakukan, Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik

Handanu Sebut Tenaga Analis Medis Berperan Penting Terhadap Tindakan Yang Akan diambil Dokter
ISTIMEWA
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak dr. H. Sidig Handanu Widoyono, M.Kes 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyambut baik atas kegiatan yang dilakukan, Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Kalbar.

Mengangkat tema dalam kegiatan "Kiprah Ahli Laboratorium Medik (ATLM) Dalam Menyongsong Sustainable Development Goals (SDGs) Menuju Indonesia Sehat". Menurutnya sangat tepat karena cukup banyak tupoksi dari PATELKI untuk mendorong program Indonesia sehat.

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah, kegiatan PATELKI dan kegiatan ilmiah guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang laboratorium," ucap Sidiq Handanu saat diwawancarai di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Sabtu (12/1/2019).

Baca: Sekolah Suster Pontianak Gelar Perayaan Natal Bersama

Baca: JADWAL Debat Capres Bagian 1, Ini Persiapan Pasangan Nomor 02 Prabowo-Sandi

Apabila dkaitkan dengan program kesehatam dan pemerintah secara umumnya apa yang dilakukan oleh PATELKI sangat mendukung program Indonesia sehat. Ditegaskannya beberapa program yang perlu peran serta dari ahli laboratorium. Misalnya berkaitan dengan pemeriksaan HIV-AIDS, pengendalian tuberculosis, malaria dan lainnya.

"Kota Pontianak sendiri ada persoalan lokal, yaitu penyakit demam berdarah. Adanya kegiatan yang dilakukan oleh PATELKI maka diharapkan ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi tenaga medis yang ada,"tambahnya.

Kemudian hal yang menarik, PATELKI juga mengundang para pakar medis satundiantara yang berkaitan dengan HIV-AIDS.

"Bagaimana kita mengirimkan sampel dari daerah untuk diperiksa di Laboratorium Litbang Kemenkes," ujar Handanu.

Baca: Midji Ajak Masyarakat Kalbar Tingkatkan Pemahaman Agama

Baca: Polsek Jawai Rutin Gelar Olahraga Pagi, Setiap Jumat

Pada kesempatan yang sama, saat ini Handanu menjelaskan kondisi tenaga bidang analisis laboratorium di Kota Pontianak cukup baik, setiap Puskesmas yang ada di Pontianak sudah memiliki tenaga analis laboratorium.

Tentunya di Puskesmas laboratorium sederhana, apabila ada kasus yang perlu rujukan dilanjutkan ke laboratorium daerah atau rumah sakit yang ada.

"Memang sudah memadai terkait laboratorium di Kota Pontianak, tapi yang perlu dijaga adalah, pertama aspek SDM, kedua aspek peralatan tentunya berkaitan dengan kalibrasi alat dan ketiga adalah standar prosedur," tegasnya.

Itu harus dilakukan, karena standar dari pemeriksaan laboratorium menjadi penting didalam mendiagnosa dan harus ada kolaborasi antara dokter dan tenaga laboratorium.

"Tenaga laboratorium ini bukanlah sekedar pelengkap di dunia medis, tapi merupakan hal yang penting karena menentukan diagnosa yang ada. Sehingga para dokter bisa mengambil tindakan," pungkasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved