Ribuan Orang Tersengat Ubur-ubur, Ini Langkah Penjaga Pantai Queensland

Mereka juga memperingatkan masyarakat maupun wisatawan untuk tidak berjalan di sepanjang garis pantai, apalagi berenang.

Ribuan Orang Tersengat Ubur-ubur, Ini Langkah Penjaga Pantai Queensland
Istimewa
Ubur-ubur 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BRISBANE - Penjaga pantai Queensland memperingatkan masyarakat maupun wisatawan untuk tidak berjalan di sepanjang garis pantai, apalagi berenang.

Penjaga pantai juga menggambarkan situasi yang terjadi saat ini sebagai 'epidemi' lantaran banyaknya ubur-ubur yang menyengat ribuan wisatawan saat berada di kawasan itu.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (7/1/2019), pantai di Gold and Sunshine Coasts yang terletak di Brisbane, Australia, telah ditutup karena laporan ribuan perenang yang disengat makhluk yang menyerupai ubur-ubur dan dikenal oleh warga lokal sebagai bluebottle.

Dikenal secara ilmiah sebagai Physalia Physalis dan Physalia Utriculus, dua spesies primitif laut itu memiliki sengatan yang dapat secara mudah melumpuhkan ikan dan menimbulkan rasa sakit yang serius pada manusia.

Baca: Kapal MT Namse Bangdzod Bawa CPO Sawit Mentah Hilang Dalam Perjalanan ke Pelabuhan Tanjuk Priok

Kondisi samudera yang tidak biasa telah membuat puluhan ribu ubur-ubur berpindah menuju daratan yang akhirnya menyebabkan cedera pada ribuan orang selama satu pekan, menurut SBS News.

Dalam laporan tersebut, sekitar 2630 orang tersengat sepanjang akhir pekan, dengan hampir 1.000 diantaranya terluka dalam hitungan jam pada hari Minggu waktu setempat.

Sejumlah korban pun dirawat di rumah sakit karena menderita syok anafilaksis.

Meskipun para penjaga pantai telah menutup area pantai, namun ubur-ubur yang terdampar di darat tetap menjadi bahaya serius.

Sengatan bluebottle yang terlepas tetap mampu menyengat dan menimbulkan efek rasa sakit selama berjam-jam bahkan berhari-hari, meskipun ubur-ubur itu mati.

Selain itu, sengatan tersebut biasanya menyebabkan rasa sakit yang parah bagi manusia, meninggalkan tanda seperti bekas cambuk merah pada kulit

Baca: Kabar Kontraktor dan PPK Terjaring OTT KPK, Ini Dugaan Kasus Yang Menjeratnya

Halaman
12
Editor: Jamadin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved