Citizen Reporter

Jeritan Dari Belantara Sawit

Di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa pemanfaatan air Nira untuk Gula Merah sudah dilakukan dan di Kalimantan Barat melalui PT.

Jeritan Dari Belantara Sawit
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Mahasiswa Pascasarjana FEB Untan Pontianak, Sumarlin ZBU. 

Citizen Reporter

Sumarlin ZBU

Mahasiswa Pascasarjana FEB Untan Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Industri perkebunan kelapa sawit jadi satu di antara sektor yang tumbuh pesat di Indonesia, tak terkecuali di Kalbar.

Hanya saja, keberadaan sawit sendiri sering menjadi satu yang diperbincangkan terkair dampak positif dan negatifnya.

Termasuk di antaranya adalah sumbangsih sawit terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peran pemerintah di dalamnya.

Baca: Harga Anjlok, Petani Sawit di Landak Harap Pemerintah Ambil Sikap

Baca: Naik 5 Persen, Ekspor Minyak Sawit Indonesia Oktober 3,35 Juta Ton

Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura PontianaK, Sumarlin, mencoba mangangkat beberapa perspektif itu lewat tulisan yang diterima www.tribunpontianak.co.id, Rabu (04/12/2018). Berikut tulisannya :

"Kelapa Sawit, tanaman yang sangat tidak asing di Kalimantan Barat, jika kita menelesuri historinya, Pohon Kelapa Sawit  bukanlah tanaman asli Indonesia. Tumbuhan ini didatangkan dari Negara Brazil, Amerika Selatan. Kehadiran kelapa sawit di Indonesia pertama kali sejak zaman Belanda. ketika Indonesia merdeka. Perkebunan kelapa sawit (Elaeis Guineensis Jacq) diimpor Indonesia (Hindia Belanda) dari Mauritius atau Reunion, Afrika dan ditanam di Kebun Raya Bogor (Lubis:1992, Van Heurn 1984). Tapi sekarang lebih dipercaya bahwa sawit berasal dari Amerika Selatan karena benua itu sangat kaya akan jenis sawit.

Awal tanaman Kelapa Sawit masuk  di Kalimantan Barat. dirintis oleh Gubernur Kadarusno (mantan Gubernur Kalimantan Barat) pada tahun 1970an melalui Perusahaan milik Negara yakni. PT. Perkebunan  Nusantara.

Keberhasilan PTPN dalam mengembangkan komoditi ini membuat investor swasta lainnya tertarik untuk ikut berkecimpung dalam bisnis ini.

Halaman
1234
Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved