Naik 5 Persen, Ekspor Minyak Sawit Indonesia Oktober 3,35 Juta Ton

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat hingga Oktober tahun ini, volume ekspor minyak sawit Indonesia sudah mencapai 28,35 juta to

Naik 5 Persen, Ekspor Minyak Sawit Indonesia Oktober 3,35 Juta Ton
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kalbar mengelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema memperkuat sinergi dalam mengantisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kalbar tahun 2016 di Rektorat Untan Lantai 3, Selasa (29/3/2016). 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat hingga Oktober tahun ini, volume ekspor minyak sawit Indonesia sudah mencapai 28,35 juta ton.

Ekspor tersebut terdiri dari ekspor CPO sebesar 4,9 juta ton, dan ekspor produk turunan termasuk eleokimia dan biodiesel yang sebesar 23,44 juta ton.

Sepanjang Oktober, volume ekspor minyak sawit Indonesia naik 5 persen menjadi 3,35 juta ton dari bulan sebelumnya yang sebesar 3,19 juta ton.

Sementara, bila tidak menghitung ekspor oleokimia dan biodiesel, volume ekspor CPO, PKO dan turunannya sebesar 3,14 juta ton yang juga naik 5 persen.

Baca: Icip Sop Tulang Enak dan Murah di RM Sederhana Sekadau

Dilansir dari Kontan.co.id Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Mukti Sardjono
dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kontan.co.id, Jumat (30/11) mengatakan geliat pasar global ini terutama didukung oleh demand dari China yang meningkat sangat signifikan.

Oktober ini, China meningkatkan impor minyak sawit dari Indonesia hingga 63 persen atau sebesar 541.810 ton dari bulan lalu yang sebesar dari 332.520 ton.

Ini tak termasuk permintaan biodiesel. Untuk biodiesel, China mulai mengimpor sejak Mei 2018. Total volume biodiesel yang diimpor China dari Indonesia periode Mei-Oktober 2018 telah mencapai 637.340 ton

Angka ini merupakan suatu capaian yang sangat baik sejak China mulai mempromosikan penggunaan biodiesel dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pilot project B5 telah dilaksanakan di Shanghai dan akan terus dipromosikan secara luas di China.

Program ini tentunya membuka peluang bagi pasar biodiesel berbasis CPO Indonesia untuk membuka pasar di China.

Halaman
123
Penulis: Maskartini
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved