Ahmad Fauzi: Mahasiswa Tak Boleh Kehilangan Daya Kritisnya

Mahasiswa tentu harus mampu melakukan daya daya kritisnya terhadap persoalan-persoalan yang sedang terjadi saat ini.

Ahmad Fauzi: Mahasiswa Tak Boleh Kehilangan Daya Kritisnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Ketua Koperasi Indonesia Provinsi Kalbar Periode 2018-2020, Ahmad Fauzi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Koperasi Indonesia Provinsi Kalbar Periode 2018-2020, Ahmad Fauzi menuturkan sudah selayaknya mahasiswa beridiri pada sikap yang independen dan netral pada tahun politik seperti sekarang ini. Mahasiswa tidak boleh tercebur dan mengikuti gerakan dari afiliasi politik praktis.

Pada era dahulu, mahasiswa sebagai kaum terpelajar berada digarda depan untuk memperjuangkan kemaslahatan umat, bangsa serta negara.

Bahkan selama perjalanan sejarah Indonesia terdapat dua kali gerakan aksi mahasiswa yang menggulingkan rezim pemerintah.

Baca: Polsek Pontianak Timur Ciduk Tiga Tersangka Tindak Pidana Pencurian, Ini Orangnya

Mahasiswa tentu harus mampu melakukan daya daya kritisnya terhadap persoalan-persoalan yang sedang terjadi saat ini.

Sikap kritis tersebut tentunya bisa dilakukan dengan baik jika mahasiswa lepas dari kepentingan-kepentingan parsial semata.

Mahasiswa tidak boleh kehilangan daya kritisnya, pada momen politik ini juga mahasiswa harus mampu memetakan persoalan kekinian secara substantif yang melanda bangsa dan bersuara agar pemerintah bisa mendengar serta melihat, sehingga selanjutnya dapat memberikan solusi yang konstruktif. 

Kendati demikian, diera moderen dan terbuka dan derasnya arus informasi melalui jaringan internet tentunya akan semakin mempermudah gerakkan mahasiswa, meskipun disisi lain jaringan internet juga bisa menjadi penyulit jika tidak digunakan dengan bijak. 

Agar dapat berperan sebagai sosok yang idealis, dan mengimplemtasikan nilai nilai pengabdian kepada khalayak ramai momen politik jangan dimaknai hanya sebuah pergantian kekuasaan. 

Politik ala mahasiswa yang kentara dengan nilai-nilai idealisme ditempuh oleh mahasiswa, agar bisa mendorong lahirnya pemimpin-pemimpin yang pro rakyat, melalui kajian intensif sesuai dengan disiplim ilmu yang digeluti di dalam kampus. 

Penulis: Anesh Viduka
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved