Ini Yang Harus Kamu Lakukan Jika Jadi Korban Pelecehan Seksual

Adanya hari anak Perempuan Internasional ini tidak terlepas dari fakta bahwa, setiap 10 menit ada satu anak perempuan yang meninggal akibat kekerasan.

Ini Yang Harus Kamu Lakukan Jika Jadi Korban Pelecehan Seksual
(Shanghaiist.com)
Perempuan yang melawan pelaku pelecehan seksual 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sejak tahun 2012 lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan setiap tanggal 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Internasional (International Day of Girl Child).

Adanya hari anak Perempuan Internasional ini tidak terlepas dari fakta bahwa, setiap 10 menit ada satu anak perempuan yang meninggal akibat kekerasan.

Kekerasan yang dialami oleh anak bermacam-macam, satu diantaranya adalah kekerasan seksual yang pada dasarnya bermula dari tindak pelecehan.

Menurut Komnas Perempuan, pelecehan seksual merujuk pada tindakan bernuansa seksual yang disampaikan melalui kontak fisik maupun non-fisik, yang menyasar pada bagian tubuh seksual atau seksualitas seseorang.

Baca: Miliki Pantai Peneluran Penyu, Rubaeti: Pemerintah Perlu Inisiasi Konsep Ekowisata Berbasis Penyu

Tindakan ini termasuk siulan, main mata, komentar atau ucapan bernuansa seksual, mempertunjukkan materi-materi pornografi dan keinginan seksual, colekan atau sentuhan di bagian tubuh, gerakan atau isyarat yang bersifat seksual.

Nah, kira-kira apa yang harus dilakukan jika kamu merasa dilecehkan?

Setiap orang punya cara yang berbeda dalam menanggapi pelecehan, beda situasi, beda pula bentuknya, hanya kamu yang dapat memutuskan respon terbaik, meskipun kadang bukan itu yang kamu inginkan.

Tapi kamu perlu tahu, mengabaikan pelecehan tidak akan menyebabkan masalah hilang begitu saja.

Yang paling penting adalah jangan sesekali menyalahkan diri sendiri atas masalah yang terjadi, karena ini bukan salah kamu.

Maka jika kamu merasa terganggu, maka sampaikan kepada orang terdekat atau bila perlu kepada pihak berwajib.

Penulis: Bella
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved