Miliki Pantai Peneluran Penyu, Rubaeti: Pemerintah Perlu Inisiasi Konsep Ekowisata Berbasis Penyu

Anggota DPD RI Dapil Kalbar Rubaeti Erlita mengatakan sepanjang kurang lebih 60an km garis pantai di Kecamatan Paloh merupakan lokasi penyu

Miliki Pantai Peneluran Penyu, Rubaeti: Pemerintah Perlu Inisiasi Konsep Ekowisata Berbasis Penyu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Satu diantara anggota DPD RI, Rubaeti Erlita Prabasa yang kembali mendaftar anggota DPD dapil Kalbar pada 2019 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai Kabupaten yang Memiliki hamparan pantai yang disinggahi oleh mamalia laut penyu, Kabupaten Sambas memiliki modal besar untuk pengembangan konsep ekowisata yang dapat menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk datang ke Sambas.

Anggota DPD RI Dapil Kalbar Rubaeti Erlita mengatakan sepanjang kurang lebih 60an km garis pantai di Kecamatan Paloh merupakan lokasi penyu untuk bertelur setiap tahun.

Hal itu merupakan keunikan dan karunia tuhan yang besar, sebab tidak semua daerah memiliki garis pantai seperti di paloh yang menjadi lokasi para penyu untuk bertelur.

Baca: Pemilihan Duta Lanceng Praben Mempawah Telah di Mulai

"Paloh dan Kabupaten Sambas memiliki itu (Garis Pantai penyu bertelur red) itu peluang bagi pemerintah sambas untuk menjadikannya salah satu obyek ekowisata peneluran penyu," ujarnya.

Ia menilai konsep ekowisata bisa menjadi upaya konservasi terhadap keberadaan penyu-penyu yang rawan terhadap aktivitas perburuan.

"Pemerintah sepertinya sudah harus memikirkan untuk menjadikan paloh sebagai lokasi ekowisata yang menarik, dan khas dari Kabupaten Sambas bahkan kalbar" ujarnya.

Keberadaan festival pantai paloh yang rutin digelar beberapa waktu lalu cukup memantik minat masyarakat untuk melihat dari dekat bagaimana para penyu tersebut datang dan naik ke darat untuk bertelur. Bukan saja dari Kabupaten Sambas akan tetapi dari Kabupaten lain bahkan ada juga dari negeri tetang.

"Jika itu dikelola dan dikemas dengan baik, konsep ekowisata berbasis konservasi penyu di sambas ramai pengunjung. Kita tau sendiri sektor pariwasata yang berkembang dan maju tentu bisa memberikan efek peningkatan ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Senator kalbar itu mengaku siap mengambil peran dan sebagai jembatan komunikasi bagi pemerintah daerah di Kalbar ke pemerintah ditingkat pusat.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help