Herman Hofi Minta Aktor Dibelakang Kasus Penangkapan Hiu Oleh Kapal Polnep Pontianak Diusut Tuntas

Ia sangat prihatin, peristiwa ini dimintanya harus diusut secara tuntas, kenapa sampai ada ikan hiu hampir satu ton ...

Herman Hofi Minta Aktor Dibelakang Kasus Penangkapan Hiu Oleh Kapal Polnep Pontianak Diusut Tuntas
TRIBUNFILE/YOUTUBE
Herman Hofi Munawar 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Kapal milik Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), terpaksa diamankan pihak TNI angkatan laut dan kedapatan membawa ikan hiu seberat 980 kilogram dan lima kilogram sirip ikan hiu.

Menurut anggota DPRD Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar kejadian tersebut akan adalah sebuah peristiwa yang sangat memprihatinkan.

Baca: Penangkapan Kapal Politeknik Negeri Pontianak Bawa Ikan Hiu 850 Kg, Ini Kronologinya

Baca: Angkut 980 Kilogram Hiu, Kapal Politeknik Negeri Pontianak Ditangkap

"Ini suatu preseden buruk yang memprihatinkan sekali, seharusnya Politeknik ini dimaksudkan untuk mendidik anak-anak atau para mahasiswa untuk memiliki kemampuan berlayar dan melaut mencari ikan tapi ternyata malah disalahgunakan dengan mengambil ikan yang dilarang dan dilindungi secara Undang-undang," ucap Herman Hofi Munawar yang juga pengamat hukum saat diwawancarai, Rabu (1/8/2018).

Ia sangat prihatin, peristiwa ini dimintanya harus diusut secara tuntas, kenapa sampai ada ikan hiu hampir satu ton dan beberapa hari sirip hiu diambil kapal Polnep.

Kejadian ini menandakan bahwa ada aktor intelektual dibelakangnya. Oleh karena itu ia minta harus diusut tuntas karena ada jaringan khusus yang memfasilitasi.

"Kita meminta pihak penegak hukum untuk melakukan penyidikan lebih lanjut dan membongkar jaringan ini. Jangan hanya memproses mereka yang ada di kapal, namun cari aktor dibelakangnya," tambahnya.

Sebab tidak mungkin para mahasiswa yang praktek melakukan hal tersebut kalau tidak ada orang dibelakangnya.

Herman juga meminta Menristek Dikti harus melakukan evaluasi terhadap Politeknik Negeri Pontianak ini. Kenapa sampai terjadi hal demikian dan terlibat dalam tindakan kriminal.

"Tindakan ini, tidak bisa mungkin diluar sepengetahuan kampus mereka. Carilah aktor utama dalam penangkapan hiu ini, karena penangkapan tentu menggunakan alat yang cukup canggih tldan ditengah laut tentunya," pungkasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved