7 Jembatan Yang Roboh Pertama Kali Dibangun Tahun 1983

Diakuinya jembatan pertama memang roboh berasal dari dusun wono mulyo yang akhirnya menghancurkan jembatan di dusun wono Rejo.

7 Jembatan Yang Roboh Pertama Kali Dibangun Tahun 1983
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Jembatan di Desa Sungai Bulan yang ambruk, Senin (16/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala dusun, Wono Rejo, Santoso mengatakan untuk jembatan yang berada di dusunnya memang dibangun sudah cukup lama.

Termasuk aliran sungai yang ada di lokasi tersebut diakuinya juga bukan sungai alami.

"Ini sungai dibuat saat program transmigrasi tahun 1983 dulu termasuk jembatan yang dibangun ini. Jadi ini juga bukan sungai alam, tapi memang sengaja dibuat disini," ujarnya, Senin (16/4/2018).

Baca: Dua Dusun di Sungai Bulan Terisolasi Akibat Ambruknya 7 Jembatan

Diakuinya jembatan pertama memang roboh berasal dari dusun wono mulyo yang akhirnya menghancurkan jembatan di dusun wono Rejo.

"Jadi disini ini puncaknya, awalnya dari dusun wono Rejo dan habis jembatan dari ujung ke sini yang terkahir. Semuanya jembatan sudah tua, tapi yang di wono Rejo ini baru diperbaiki dua tahun lalu," katanya.

Baca: Akibat Hujan Deras, 7 Jembatan Ambruk di Desa Sungai Bulan

Ia mengatakan memang sebaiknya kaki-kaki jembatan lebih baik dibangun sedikit renggang.

Sehingga sampah tidak menumpuk dan tersangkut di jembatan yang akhirnya menurut dia jembatan menjadi roboh karena tidak mampu menahan beban.

"Jembatan inikan roboh karena sampah dan tanaman air yang menyangkut di jembatan. Kalau kaki-kakinya jarang sekitar 6 atau delapan meter tentu sampahnya bisa lewat," katanya.

Diakuinya untuk jarak ketinggian air saat pasang dengan jembatan cukup jauh sekitar dua meter.

Dan saat ini ia bersama warganya sedang berusaha membangun jembatan darurat untuk mempermudah akses antar dusun tersebut.

"Kita rencananya bangun jembatan darurat dari pohon akasia, untuk sementara saja, karena yang namanya jembatan darurat tentu tidak kuat. Harapan kami semoga jembatan ini bisa segera diperbaiki dan kalau bisa dibangun permanen semuanya," harapnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help