Pilkada Pontianak

Pasangan Bang Mol-Wawan Tak Lolos Verifikasi, Ini Penjelasan Ketua KPU Pontianak

Maka kalau ada menemukan hal-hal yang dianggap melanggar silakan laporkan pada jalur yang telah ada

Pasangan Bang Mol-Wawan Tak Lolos Verifikasi, Ini Penjelasan Ketua KPU Pontianak
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Ketua KPU Pontianak Sujadi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pontianak menggelar Rapat Pleno Terbuka hasil verifikasi faktual terhadap berkas perbaikan terhadap dukungan untuk pasangan Sy Usmulyani dan Deni Hermawan untuk mengikuti Pilwako Pontianak 2018.

"Hari ini kita melakukan Rapat Pleno Terbuka hasil verifikasi faktual perbaikan terhadap dukungan bakal calon perseorangan pasangan Sy Usmulyani dan Deni Hermawan," ucap Ketua KPU Pontianak, Sujadi di Hotel Mahkota Pontianak, Jumat (9/2/2018).

Sujadi menjelaskan dari hasil verifikasi faktual pasangan Bang Mol dan Wawan hanya berjumlah 6.123 dukungan yang sah, sehingga mereka dinyatakan tak bisa memenuhi syarat dukungan minimal yang telah ditentukan oleh KPU sebanyak 35.423 dukungan.

"Setelah kita rekap dari kekurangan mereka ada 6.123 yang memenuhi syarat untuk tahap perbaikan ini. Lalu ditambah tahap pertama yang mencapai 19.698 dukungan dan totalnya 25.821 dan dinyatakan tak memenuhi syarat dukungan minimal yang telah ditentukan 35.423 dan kekurangannya 9602 dukungan," ucap Sujadi.

(Baca: Selidiki Kasus Penembakan Ambulans PKS, Ini Penjelasan Kapolsek Pontianak Timur )

Dengan berat hati, Sujadi menyatakan bahwa bakal pasangan calon perseorangan ini tidak bisa ditetapkan sebagai peserta yang akan mengikuti pilwako Pontianak, yang akan di tetapkan 12 Februari nanti.

Dirincikan Sujadi awalnya pasangan ini telah menyerahkan syarat dukungan yang telah diminta oleh KPU dan Sujadi sebutkan secara administrasi mereka telah memenuhinya tapi setelah diverifikasi faktual di lapangan ternayata tak bisa memenuhi syarat dukungan yang telah ditetapkan KPU.

Terkait tudingan adanya pelanggaran kode etik dan adanya oknum yang sengaja menjegal pasangan BMW untuk maju Pilwkao, Sujadi sampaikan kalau mereka memang menemukan pelanggaran silakan laporkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kalau pelanggaran kode etik bisa disampaikan lewat DKPP, pelanggaran prosedur dapat dilaporkan pada Panwaslu atau KPU, pelanggaran administrasi bisa disampaikan pada Panwas dan pelanggaran pidana dapat disampaikan pada pihak berwajib dalam hal ini adalah kepolisian. Maka kalau ada menemukan hal-hal yang dianggap melanggar silakan laporkan pada jalur yang telah ada," pungkasnya.

Rincian berkas dukungan tahap perbaikan pasangan Sy Usmulyani dan Wawan berdasarkan kecamatan sebagai berikut.

-Pontianak Kota, 308 dukungan sah.
-Pontianak Barat, 1099 dukungan sah.
-Pontianak Utara, 852 dukungan sah.
-Pontianak Timur, 2832 dukungan sah.
-Pontianak Selatan, 1020 dukungan sah.
-Pontianak Tenggara, 12 dukungan sah.

Total dukungan tahap perbaikan adalah, 6123 dukungan sah.

Sementara syarat dukungan minimal yang sudah ditetapkan untuk maju Pilwako Pontianak 35.423 dukungan.
Sedangkan pasangan BMW Hanya Bisa memenuhi 25.821 dukungan sah setelah verifikasi.
Rinciannya Dukungan BMW tahap pertama 19.698 dukungan dan tahap kedua 6.123 dukungan.
Kekurangan dukungan bagi pasangan BMW, 9.602 dukungan.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved