Ini Penyakit Yang Bisa Ditimbulkan Saat Banjir Melanda Menurut Ketua IDI Kalbar

Kemudian ada penyakit kulit ini dapat berupa infeksi, alergi dan sebagainya. Maka utamanya adalah kebersihan harus terjaga dengan baik

Ini Penyakit Yang Bisa Ditimbulkan Saat Banjir Melanda Menurut Ketua IDI Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
dr Berli Hamdani 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Musim penghujan dan adanya genangan yang terjadi sudah selayaknya orangtua harus memperhatikan dan menjaga setiap waktu anak-anak bermain.

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalbar, dr Berli Hamdani ada beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan saat banjir dan musim hujan. Bahkan penyakit yang ada dapat membahayakan terutama pada anak-anak.

"Biasanya penyakit yang muncul saat terjadinya banjir itu, diare, demam berdarah, leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penyakit kulit, penyakit saluran cerna lain, lerburukan penyakit kronik yang mungkin memang sudah diderita," ucap Ketua IDI Kalbar, dr Berli Hamdani, Jumat (12/1/2018).

Oleh karena itulah ia memperingatkan lada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum jangan berasal dari sumber yang tercemar. Kemudian memakan makanan yang sehat serta pola hidup sehat.

(Baca: Cuaca Buruk, Ini Imbauan BPBD Pada Masyarakat Kayong Utara )

Pada saat musim hujan juga biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu.

ISPA disebutkannya dapat menyerang berupa bakteri, virus dan lainnya. Sehingga dapat berupa batuk dan demam, mungkin disertai sesak napas dan dada.

(Baca: Edi Kamtono: 65 Persen Wilayah Kota Pontianak Berada Dibawah Ketinggian Air Pasang Maksimal )

"Kemudian ada penyakit kulit ini dapat berupa infeksi, alergi dan sebagainya. Maka utamanya adalah kebersihan harus terjaga dengan baik," ucapnya.

Selain itu Berli menambahkan perlu diperhatikan terkait perburukan penyakit kronik yang mungkin sudah diderita. Hal ini terjadi karena penurunan daya tahan tubuh akibat musim hujan berkepanjangan apalagi terjadi banjir berhari-hari.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help