Terlibat Kecelakaan Lalu Lintas, Kompol Salbiah: Jangan Langsung Kabur!

Pernyataan tersebut diungkapkannya mengingat tidak sedikit jumlah kasus kecelakaan tabrak lari yang terjadi di Kota Pontianak maupun....

Terlibat Kecelakaan Lalu Lintas, Kompol Salbiah: Jangan Langsung Kabur!
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Sejumlah pengendara sepeda motor memarkirkan kendaraannya di tempat yang tidak semestinya di Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Rabu (6/12/2017). Menurut Kasat Lantas Polresta Pontianak Kota, Kompol Syf Salbiah ketertiban dalam berlalu lintas adalah cerminan budaya suatu bangsa. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kasat Lantas Polresta Pontianak Kota, Kompol Syf Salbiah menegaskan kepada pengendara sepeda motor maupun mobil untuk tidak segera meninggalkan lokasi kejadian apabila terlibat kecelakaan lalu lintas.

Pernyataan tersebut diungkapkannya mengingat tidak sedikit jumlah kasus kecelakaan tabrak lari yang terjadi di Kota Pontianak maupun Kabupaten Kubu Raya.

Bahkan, beberapa di antaranya ada yang hingga merenggut nyawa korban yang bersangkutan.

(Baca: Titiek Soeharto Mantan Istri Prabowo, Kini Tampak Mesra dengan Megawati dan Jokowi )

"Jangan dibiasakan budaya apabila terjadi laka lantas langsung kabur, bayangkan kalau hal tersebut menimpa yang bersangkutan atau keluarganya," tegasnya di Mapolresta Pontianak Kota, Kamis (7/12/2017).

Ia juga mengatakan, sebaiknya yang bersangkutan tetap berada di lokasi kecelakaan untuk segera memberikan pertolongan kepada korban dan langsung menghubungi pihak kepolisian terdekat.

"Jadi kita imbaulah sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas ya turun lah mau salah mau benar berikan pertolongan kepada korban," katanya.

Wanita berkerudung itu juga lantas membeberkan sejumlah hal yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Tidak patuh dengan rambu, kemudian kecepatan yang berlebihan, melawan arus, tidak menggunakan helm," terangnya.

Menurutnya, ketertiban dalam berlalu lintas adalah cerminan budaya suatu bangsa.

"Apalagi Kota Pontianak, kan sudah digembar-gemborkan sebagai kota terbaik," ujarnya.

Dari data yang didapat Tribunpontianak.co.id dari Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak Kota, sejak Januari hingga November 2017 telah terjadi sebanyak 463 kasus kecelakaan lalu lintas.

Untuk 2016 sendiri, jumlah kasus kecelakaan yang terjadi adalah sebanyak 632 kasus.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help