TribunPontianak/

Ternyata Masih Ada Warga Singkawang Belum Punya Dokumen Kependudukan

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Singkawang, Muhammad Heru mengatakan, terkait

Ternyata Masih Ada Warga Singkawang Belum Punya Dokumen Kependudukan
Net
Ilustraasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Singkawang, Muhammad Heru mengatakan, terkait dengan program Kemenkominfo itu sebenarnya bukan merupakan ranah Dukcapil.

Namun tentu saja dalam proses penerbitan dokumen kependudukan ini pihaknya akan selalu mendukung.

"Dukcapil berkewajiban memberikan identitas penduduk kepada setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang dilalui dengan proses permohonan. Kami cuma bisa mengimbau kepada masyarakat Singkawang, untuk segera mengurus dokumen kependudukannya," ujarnya, Kamis (12/10/2017).

(Baca: Diusung Golkar, Rusman Ali Masih Harus Lakukan Hal Ini )

Dimana menurutnya masih ada warga Kota Singkawang yang belum memiliki dokumen kependudukan. Dimana fungsi dari dokumen kependudukan itu menurutnya sangat penting.

"Kepemilikan dokumen kependudukan ini penting karena akan berdampak kepada keperluan dia sehari-hari, terutama program pemerintah yang sedang gencar-gencarnya membuat program kesehatan gratis. Misalnya untuk membuat BPJS saja, terangnya, syarat utamanya warga yang bersangkutan harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)," tuturnya.

(Baca: Hadiri HUT Kabupaten Landak, Ini Pesan Cornelis )

Selain itu menurutnya dokumen kependudukan juga bisa saja nanti ada kaitannya dengan program pemberlakuan registrasi ulang nomor prabayar dengan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan No KK oleh Kemenkominfo itu.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help