TribunPontianak/

Terkendala Server, 35.894 E-KTP Warga Sanggau Belum Dicetak

Zawawi menambahkan, kendala yang dihadapi petugas dalam melakukan perekaman e-KTP adalah kerusakan server sejak bulan Agustus lalu.

Terkendala Server, 35.894 E-KTP Warga Sanggau Belum Dicetak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau, H Zawawi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau, H Zawawi menyampaikan, hingga saat ini, sekitar 65 persen wajib e-KTP di Kabupaten Sanggau yang sudah melakukan perekaman di Disdukcapil.

“Rinciannya yakni, 354.753 wajib e-KTP, yang sudah perekaman sebanyak 253.368 atau sekitar 65 persen, yang belum perekaman 101.385 sementara yang belum dicetak 35.894, ” katanya, Kamis (14/9/2017).

Zawawi menambahkan, kendala yang dihadapi petugas dalam melakukan perekaman e-KTP adalah kerusakan server yang sudah terjadi sejak bulan Agustus lalu.

“Dari Agustus kemarin rusaknya dan itu terjadi tidak hanya di Sanggau tapi di seluruh Indonesia, ” tegasnya.

(Baca: Ribuan Peserta Ikuti Lomba Pramuka HUT Gadda 33 Tahun 2017 di Mempawah )

Sementara untuk stok blangko, dikatakanya, saat ini kondisinya sudah mulai menipis.

“Kalau tidak salah sekitar 300an lebih. Kita sudah menyurati provinsi dan pusat tentang kondisi ini. Informasinya akhir September ini sudah didistribusikan ke daerah-daerah, ” jelasnya.

Zawawi juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sanggau yang telah memberikan perhatian khusus untuk mengejar target nasional.

Ditegaskannya tidak menyalahi aturan, yakni sesuai UU nomor 24 tentang administrasi kependudukan dan pencataran sipil dan UU nomor 32 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan bahwa kantor Dukcapil merupakan urusan wajib daerah.

“Bapak Bupati memberikan dana operasional dan juga dana untuk perbaikan dan pengadaan alat seperti server dan alat perekaman. Rencananya di anggaran perubahan tahun ini, ” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Sanggau, Abang Indra berharap, agar gangguan server dan blangko E KTP yang selama ini menjadi kendala bisa segera diselesaikan.

“Apalagi masih banyak yang belum melakukan perekaman E KTP dan banyak yang belum dicetak. Pemerintah pusat harus segera selesaikan persoalan ini, karena servernya langsung dari pusat, ” ujarnya.

Indra menambahkan, untuk blangko, harus segera disalurkan, karena stok yang ada di Dukcapil Sanggau sudah menipis. Apalagi sudah dilaporkan ke pemerintah pusat, harus segera disalurkan.

“Dilihat dari jumlah penduduk yang belum melakukan perekaman, masih sangat banyak. kita juga harapkan agar tetap jemput bola untuk perekaman E KTP ini, ” pungkasnya. 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help