Imlek dan Cap Go Meh

Perayaan Imlek di Kapuas Hulu Berjalan Kondusif, Ini Agenda Rangkaian Cap Go Meh di Putussibau

pada tanggal 26 Januari 2023 akan melaksanakan kegiatan buka mata naga di klenteng atau Pekong Pasar Merdeka Putussibau.

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Sahirul Hakim
Barongsai saat melakukan penghormatan Sembahyang Imlek di Klenteng atau Pekong Pasar Merdeka Putussibau, Sabtu 21 Januari 2023 malam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar, memastikan pelaksanaan perayaan tahun baru Imlek 2574 pada tahun 2023 di wilayah Kapuas Hulu berjalan dengan lancar, kondusif dan khidmat.

"Tinggal beberapa rangakaian kegiatan Imlek dan Cap Go Meh, yang kita kembali sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, agar semua pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan kondusif," ujarnya, Minggu 22 Januari 2023.

Dalam pengamanan perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Me, Polres Kapuas Hulu telah menurunkan personil sebanyak 185 orang, dibekap oleh TNI ada 28 personil, Dishub 9 orang, Satpol PP 12 orang, BPBD 6 orang, organisasi Sahabat Beramal 30 orang, dan GP Ansor 15 orang.

"Dimana kita melakukan pengamanan gabungan tempat ibadah seperti Klenteng atau Pekong termasuk rumah warga yang merayakannya di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu," ucapnya.

Sedangkan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tersebut terbagi lima kecamatan yaitu, Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Semitau, Jongkong dan Silat Hilir.

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu Minta Guru Berikan Ruang ke Anak Didik untuk Berekspresi

Tempat Pekong atau Klenteng yang dilakukan pengamanan di wilayah Kapuas Hulu seperti, Putussibau Utara ada 1, Semitau 1, Jongkong 1, dan Silat Hilir ada 2.

Diimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang merayakan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh.

"Marilah kita sama-sama selalu menjaga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Kapuas Hulu," ungkapnya.

Rangkaian Imlek dan Cap Go Meh

Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh di Putussibau , Stefanus menyatakan, kalau pihaknya sudah melakukan sejumlah rangkaian Imlek di Klenteng atau Pekong di Pasar Merdeka Putussibau, dan berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Kita akan kembali melaksanakan rangkaian Imlek dan Cap Go Meh dari tanggal 23-26 Januari 2023 yaitu, arakan barongsai ke rumah-rumah warga Tionghoa dan perkantoran dan pusat perbelanjaan di Putussibau," ujarnya.

Setelah itu rangkaian kegiatan yaitu, pada tanggal 26 Januari 2023 akan melaksanakan kegiatan buka mata naga di klenteng atau Pekong Pasar Merdeka Putussibau.

"Baru kita kembali melakukan arakan naga ke rumah-rumah warga Tionghoa dan perkantoran dan pusat perbelanjaan di Putussibau, dari tanggal 1-3 Februari 2023," ucapnya.

Kemudian, tanggal 3 Februari 2023 pada malamnya ada kegiatan di panggung Cap Go Meh Pasar Merdeka Putussibau, yaitu lomba bernyanyi, mewarnai dan atraksi barongsai.

Sedangkan pada tanggal 4 Februari 2023 malamnya, kegiatan pawai lampion, naga, barongsai dan drum band di ruas jalan Putussibau Utara, dan sembahyang penghormatan Klenteng atau Pekong di Pasar Merdeka Putussibau.

Pada Minggu 5 Februari 2023 malam, barulah kegiatan penutupan malam Cap Go Meh di panggung Cap Go Meh Pasar Merdeka Putussibau, yang akan dihadiri Bupati Kapuas Hulu.

Terakhir adalah kegiatan pada Senin 6 Februari 2023, melakukan bakar naga di Pemakaman Thionghoa Jalan Lintas Timur simpang Melapi Kecamatan Putussibau Selatan. (*)

Bupati Kapuas Hulu: Imlek Punya Makna untuk Memohon Diberi Rahmat Berlimpah di 2023 Ini

Cek Berita dan Artikel Terbaru Terkait Imlek dan Cap Go Meh DISINI

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved