Imlek dan Cap Go Meh

Contoh Teks Pidato dan Kata Sambutan Imlek dan Cap Go Meh 2023

Dalam bahasa Hokkien, Cap Go Meh memiliki arti malam kelimabelas. Artinya, Cap Go Meh jatuh di hari ke-15 pasca Imlek menurut penanggalan Cina.

Canva
Contoh Teks Pidato untuk Perayaan Imlek dan Cap Go Meh. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Imlek atau Tahun Baru Cina berdasarkan penanggalan bulan yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Tahun Baru Masehi.

Imlek menjadi perayaan penting bagi masyarakat Tiongkok. Mereka akan memanfaatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Lain halnya dengan Cap Go Meh yang merupakan bagian dari perayaan Imlek.

Dalam bahasa Hokkien, Cap Go Meh memiliki arti malam kelimabelas. Artinya, Cap Go Meh jatuh di hari ke-15 pasca Imlek menurut penanggalan Cina.

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh pun berbeda.

Jika biasanya orang Tionghoa akan datang ke Klenteng atau Vihara untuk berdoa pada saat Imlek, maka pada saat Cap Go Meh mereka akan mengadakan pertunjukan barongsai atau lampion.

Dukung Festival Cap Go Meh, Majelis Melayu Serumpun Gelar Dialog Lintas Agama & Etnis di Singkawang

Setelah itu, mereka dapat berkumpul bersama untuk menikmati hidangan wajib rangkaian perayaan Imlek yaitu kue keranjang.

Dikutip dari Kompas.com, Menurut Dosen Sastra Indonesia dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Susanto, perayaan Cap Go Meh dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada dewa tertinggi di Dinasti Han.

Adapun menurut agama Konghucu, Cap Go Meh dirayakan dalam rangka untuk berdoa kepada orangtua, dan memohon kepada Tuhan atau Tian.

Sejarah Cap Go Meh sendiri sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, pada zaman Dinasti Han saat biksu Buddha diwajibkan membawa lentera untuk ritual.

Contoh Undangan dan Poster Imlek Gratis 2023

Contoh Undangan Memperingati Imlek Terbaru 2023
Contoh Undangan Memperingati Imlek Terbaru 2023 (Canva)

Contoh Pidato

Kamu sedang mencari pidato Imlek dan Cap Go Meh terbaru 2023, berikut ini contoh yang bisa kamu gunakan untuk para pejabat dan pimpinan di acara penting dan formal.

Selain itu, contoh teks pidato sambutan ini bisa dijadikan referensi untuk ketua panitia dalam memberikan sambutan atau pembukaan acara.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah contoh teks sambutan Tahun Baru Imlek 2023.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved