Ekonomi Kalbar Alami Pertumbuhan di Triwulan III 2022, Bagaimana Cara Menjaga Momentumnya?

Ekonomi Kalimantan Barat mengalami pertumbuhan yang impresif pada Triwulan III 2022, bahkan mampu mencapai angka di atas pertumbuhan nasional.

Penulis: Maskartini | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Kepala Bidang PPA II Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ekonomi Kalimantan Barat mengalami pertumbuhan yang impresif pada Triwulan III 2022, bahkan mampu mencapai angka di atas pertumbuhan nasional.

Lalu bagaimana caranya untuk menjaga momentum itu hingga akhir tahun? Kepala Bidang PPA II Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat memberikan penjelasan:

Kinerja Ekonomi

Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan rilis kinerja ekonomi triwulan III 2022 beberapa waktu lalu, Provinsi Kalimantan Barat mampu mencapai kinerja ekonomi yang impresif di periode tersebut. Ekonomi Kalimantan Barat triwulan III tumbuh di angka 6,48 persen secara year-on-year. 

Pertumbuhan ini melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,72 persen. Di kawasan regional Kalimantan mencapai pertumbuhan tertinggi kedua dan masih di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi kawasan regional Kalimantan sebesar 5,90 persen. 

Pencapaian ini sangat luar biasa karena di tengah kondisi ekonomi global yang menurun akibat kondisi geopolitik yang kurang kondusif, apalagi selama kuartal I dan II pertumbuhan di bawah capaian pertumbuhan nasional.

Presidium Forum Koordinasi BEM Kalbar Sebut Pemecahan Dapil Berdampak Pada Pemerataan Aspirasi

Secara teoritis untuk mengukur pertumbuhan ekonomi suatu daerah digunakan suatu indikator yang disebut Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). PDRB adalah jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di suatu daerah tertentu. 

PDRB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu daerah tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi pada suatu daerah.

Selama ini badan pusat statistik menggunakan dua pendekatan dalam menghitung PDRB yaitu pendekatan produksi dan pendekatan pengeluaran. 

Menurut pendekatan produksi, PDRB dihitung berdasarkan jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatu daerah dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). 

Unit-unit produksi dalam penyajian ini dikelompokkan dalam 17 lapangan usaha/sektor. Sedangkan menurut pendekatan pengeluaran, PDRB dihitung berdasarkan jumlah nilai produk barang dan jasa (output) yang dihasilkan di dalam suatu daerah untuk digunakan sebagai konsumsi akhir oleh rumah tangga, Lembaga Non-profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT), dan pemerintah ditambah dengan investasi (pembentukan modal tetap bruto dan perubahan inventori), serta ekspor neto (merupakan ekspor dikurang impor).

Pada triwulan III 2022, kegiatan ekonomi Kalimantan Barat mampu menghasilkan PDRB atas harga berlaku sebesar 64,22 triliun, sedangkan jika diukur dengan PDRB atas harga konstan (2010) mampu menghasilkan 37,29 triliun. 

Jika diteliti lebih lanjut dengan pendekatan produksi (lapangan usaha), sektor yang memberikan kontribusi terbesar adalah sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 20,85 persen, diikuti oleh Industri Pengolahan sebesar 16,78 persen, Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 14,05 persen dan Konstruksi sebesar 12,06 persen, Peranan keempat lapangan usaha tersebut dalam perekonomian Kalimantan Barat mencapai 63,74 persen.

Jika dilihat dari pendekatan pengeluaran, PDRB Kalimantan Barat masih didominasi oleh konsumsi (rumah tangga dan LNPRT) sebesar 50 persen, investasi sebesar 31,05 persen, konsumsi pemerintah sebesar 10,74 persen dan net ekspor sebesar 7,84 persen. Jika dicermati lebih lanjut maka pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat didukung oleh konsumsi. 

Tema Natal Tahun 2022 Apa? Ini Penjelasan Ketum PGIW Kalbar

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved